Sapi Kurban Presiden Jokowi Dikirim ke Solo Besok Sore

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 17:00 WIB
Sapi kurban Jokowi di Rembang berbobot 1.004 kg berjenis peranakan ongole
Ilustrasi. Foto: Sapi kurban Jokowi di Rembang berbobot 1.004 kg berjenis peranakan ongole. (Arif Syaefudin/detikcom)
Solo -

Seperti Idul Adha tahun-tahun sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan sapi kurban ke berbagai daerah di Indonesia. Di kota asal presiden, Kota Solo, sapi kurban Jokowi akan dikirim besok.

Ada dua masjid yang akan menerima sapi kurban dari Presiden Jokowi, yakni Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta dan Masjid Al-Wustho Pura Mangkunegaran. Pengurus kedua masjid baru menerima kepastian itu hari ini.

Sekretaris Masjid Al Wustho, Purwanto, mengatakan sapi yang akan dikirim berjenis peranakan Ongole (PO) berwarna putih. Sapi tersebut dibeli dari peternak asal Boyolali.

"Sudah ada konfirmasi untuk sapi pemberian bapak presiden ini. Jenisnya PO warna putih nanti dikirim langsung ke masjid besok sore," kata Purwanto saat dihubungi wartawan, Senin (19/7/2021).

Terkait waktu penyembelihannya, Purwanto mengatakan akan dilakukan pada hari Rabu (21/7). Penyembelihan akan dilakukan secara tertutup untuk menghindari kerumunan.

"Penyembelihannya Rabu pagi, dilakukan secara tertutup," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Agung Surakarta, Muhtarom, juga mengatakan hal serupa. Sapi hibah Presiden Jokowi akan tiba besok sore.

Seperti di Al-Wustho, sapi kurban tersebut juga berjenis PO asal Boyolali. Penyembelihan juga akan dilakukan secara terbatas di halaman Masjid Agung Surakarta.

"Tahun ini pemberian dari Pak Presiden ini sapi lokal, sebelumnya jenis limosin, sebelumnya lagi jenis simental, nah kali ini jenisnya PO," kata Muhtarom.

"Penyembelihannya Rabu di halaman masjid sisi utara. Seperti tahun lalu, kita lakukan terbatas, pembagian juga dilakukan petugas ke rumah warga, jadi tidak ada kerumunan," pungkasnya.

(rih/sip)