Terpopuler Sepekan di Jateng

Bus Melaju Kencang Terguling di Tol Pemalang, 8 Penumpang Tewas-20 Luka

Robby Bernardi - detikNews
Minggu, 18 Jul 2021 09:19 WIB
Kecelakaan bus terjadi di Tol Pemalang, Jawa Tengah siang tadi. Sebanyak tujuh orang tewas dalam kejadian ini.
Bus terguling di Tol Pemalang, 11/7/2021. (Foto: Robby Bernardi/detikfcom)
Pemalang -

Bus 'PO Sudiro Tungga Jaya' AD-1626-CU yang sarat penumpang terguling di ruas Tol Pemalang-Batang, Jateng, Minggu (11/7) sekitar pukul 11.00 WIB. Sebanyak 8 penumpang tewas, 20 penumpang mengalami luka-luka.

Kecelakaan terjadi di ruas tol KM 308 di Jalur A, masuk Desa Saradan, Pemalang. Sebelum terguling, bus yang dikemudikan Sigit Prasetyo (26) warga Tamanwinangun, Kebumen ini, menabrak bagian belakang truk box B-9281-SXR yang dikemudikan Gatot Suprianto (33) warga Kecamatan Purwosari, Pasuruan, Jatim.

Kapolres Pemalang, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, menjelaskan peristiwa ini berawal saat bus dari arah Jakarta menuju ke Semarang, melaju dengan kecepatan tinggi dan tak terkendali. Mengetahui ada truk box di lokasi kejadian, karena jarak semakin dekat, bus berupaya melakukan pengereman namun tak terkendali.

"Karena ada truk box yang ada di depannya, bus melakukan pengereman dan banting setir ke kiri. Namun, kendaraan bus bagian kanan, nyenggol truk bagian belakang kiri, bus mepet godril dan banting ke kanan kemudian terbalik," jelasnya.

Dari hasil olah TKP pertama, polisi memastikan bus melaju sangat kencang. Hal tersebut diketahui dari hasil pemeriksaan di lokasi kejadian berupa adanya jejak rem di lokasi kejadian.

"Dari hasil keterangan saksi-saksi dan olah TKP, kendaraan (bus), melaju sangat kencang. Di TKP, yang kita lihat ada jejak pengereman dengan jarak pengereman yang singkat, hanya 3 meter," ungkapnya.

Sementara itu, 8 korban tewas kecelakaan maut yang berada di dua rumah sakit, yakni di Rumah Sakit Siaga Medika dan Prima Medika, pada Senin pagi (12/07), telah diambil pihak keluarga.

Kasus ini masih dalam penanganan Satlantas Polres Pemalang. Hingga saat ini polisi belum merilis penetapan tersangka dari peristiwa kecelakaan maut tersebut.

Simak juga 'Mobil Seruduk Truk di Tol Cipali, 1 Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)