Pembunuhan Driver Ojol yang Mayatnya Dibakar di Brebes Direkonstruksi

Imam Suripto - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 12:25 WIB
Rekonstruksi pembunuhan ojol di Brebes, Kamis (15/7/2021).
Rekonstruksi pembunuhan ojol di Brebes, Kamis (15/7/2021). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Polisi menggelar rekonstruksi pembunuhan driver ojek online (ojol) yang mayatnya dibakar di Brebes, Jawa Tengah. Tersangka bernama Ahmad Jamaludin atau Jamal (21) memperagakan puluhan adegan.

Rekonstruksi digelar di flyover Kramatsampang, Kersana, Brebes, Kamis (15/7/2021). Tersangka dihadirkan langsung ke lokasi kejadian dengan memperagakan 24 adegan, mulai dari pemesanan ojol hingga aksinya menghabisi korban.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan pengawalan ketat polisi. Sejumlah anggota diterjunkan untuk mengawasi warga yang hendak melihat reka ulang tersebut.

"Ini kami laksanakan untuk kelengkapan berkas terkait kasus ini. Tadi, tersangka melakukan sebanyak 24 adegan dalam reka ulang. Mulai dari memesan ojol, bertemu korban hingga korban ditemukan warga meninggal dalam keadaan tubuh yang gosong akibat dibakar," kata Kanit I Satreskrim Polres Brebes Aiptu Titok Ambar Pramono ditemui di lokasi kejadian, hari ini.

Dia menjelaskan selain mendatangkan pelaku, polisi juga menghadirkan sejumlah saksi, salah seorangnya yakni bibi tersangka. Bibi tersangka dihadirkan karena sempat menerima titipan motor korban yang dirampas keponakannya.

Diwawancara terpisah, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Brebes, Nugroho Tanjung, mengungkap atas perbuatannya itu, tersangka diancam hukuman belasan tahun penjara.

"Sesuai dengan keterangan tersangka dan saksi-saksi lain tadi sudah digelar reka ulang. Dan, reka ulang ini untuk kelengkapan kasus yang ditangani," terang Nugroho.

Diberitakan sebelumnya, seorang pengemudi ojol ditemukan tewas terbakar di Flyover Kramatsampang Kersana, Brebes pada 9 Juni 2021 lalu. Tim Resmob Satreskrim Polres Brebes bersama unit Satreskrim Polsek Kersana, kemudian meringkus pelaku Jamal beberapa hari kemudian.

Polisi sempat mengungkap dugaan motif pembunuhan itu karena tersangka ingin menguasai motor korban. Jamal juga membakar jenazah korban untuk menghilangkan jejak.

(sip/ams)