Round-Up

7 Bocah Tersangka Perusakan Makam di Solo, Murid Rumah Belajar Agama

Ari Purnomo - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 08:39 WIB
Perusakan sejumlah makam di TPU Cemoro Kembar, Solo oleh anak-anak mendapat perhatian serius. Kini masyarakat dibantu Babinsa dan Babinkamtibmas mulai melakukan perbaikan.
Perbaikan makam di Solo yang dirusak anak-anak (Foto: Agung Mardika/detikcom)

Nantinya akan diputuskan apakah anak akan dikembalikan kepada orang tua, atau dikirimkan ke dinas sosial (Dinsos) atau yang lainnya. "Hal ini karena di arena ini anak yang belum 12 tahun dianggap belum bisa dimintai pertanggungjawaban pidana dari apa yang dilakukannya," pungkasnya.

Sementara itu, terkait dengan nasib rumah mengajar Kapolresta mengatakan, akan pindah dari lokasi saat ini. Kepindahan kuttab dilakukan berdasarkan hasil pertemuan antara pemangku wilayah, warga, pemilik kontrakan dan pengasuh kuttab.

"Dari pengurus kuttab berencana akan pindah dari tempat tersebut, dari hasil pertemuan pengurus, RT, RW dan pemilik kontrakannya akan pindah dari lokasi," tuturnya.

Sementara itu, barang bukti yang diamankan dalam kasus ini diantaranya batu yang digunakan sebagai alat untuk merusak nisan atau makam. Selain itu, ada pula nisan makam yang dirusak.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah siswa dari Kuttab diduga melakukan perusakan makam di TPU Cemoro Kembar yang ada di Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

Akibat perbuatan para siswa tersebut ada sejumlah nisan yang rusak. Sejumlah tokoh masyarakat, TNI dan Polri kemudian mengadakan kerja bakti untuk melakukan perbaikan makam yang rusak.


(mbr/mbr)