7 Bocah Ditetapkan Tersangka Perusakan Makam Cemoro Kembar Solo

Ari Purnomo - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 15:29 WIB
Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak, Rabu (30/6/2021).
Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak, Rabu (30/6/2021). Foto: Ari Purnomo/detikcom
Solo -

Polisi menetapkan tujuh orang tersangka perusakan makam di TPU Cemoro Kembar, Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon, Solo, beberapa waktu lalu. Seluruh tersangka adalah anak-anak.

"Dari hasil gelar perkara yang sudah dilakukan oleh tim penyidik ditetapkan tersangka perusakan, ada tujuh anak," kata Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Rabu (30/6/2021).

Tujuh orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka itu merupakan para murid di kuttab (rumah belajar). Sementara, untuk para pengasuhnya yang sebelumnya juga sempat dilakukan pemeriksaan, statusnya saat ini hanya sebagai saksi.

"Seluruh tersangka adalah anak-anak yang melakukan perusakan makam itu," jelas Ade.

Sementara itu, mengenai nasib kuttab, Ade mengatakan kemungkinan akan pindah dari lokasi saat ini. Kepindahan kuttab dilakukan setelah sebelumnya ada pertemuan dengan warga dan pengasuh kuttab.

"Dari pengurus kuttab berencana akan pindah dari tempat tersebut, dari hasil pertemuan pengurus, RT, RW dan pemilik kontrakannya akan pindah dari lokasi," ujarnya.

Sementara itu, barang bukti yang diamankan dalam kasus ini di antaranya batu yang digunakan sebagai alat untuk merusak nisan atau makam. Selain itu, ada pula nisan makam yang dirusak.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah anak diduga melakukan perusakan nisan makam di TPU Cemoro Kembar, Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon, Solo, beberapa waktu lalu. Anak-anak itu diketahui merupakan murid dari kuttab yang berada tak jauh dari lokasi kejadian.

Perusakan makam ini sempat membuat Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka marah mengingat adanya indikasi intoleran dalam kasus tersebut. Bahkan Gibran juga meminta agar kuttab tersebut ditutup lantaran tidak mengantongi izin serta melanggar PTM.

Simak Video: Belasan Makam di Solo yang Dirusak Kini Diperbaiki

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)