Ibu Ini Suruh Pacar Putrinya Pura-pura Rampok Uang Kantor yang Dibawanya

Eko Susanto - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 17:45 WIB
SJ, otak pencurian uang kantor di Magelang
SJ, otak pencurian uang kantor di Magelang. (Foto: Eko Susanto/detikcom)

Kasat Reskrim Polres Magelang AKP M Alfan menambahkan, kejanggalan yang terjadi di antaranya adalah saat kejadian SJ yang berada di dalam mobil itu tidak langsung berteriak. Yang bersangkutan berteriak setelah para eksekutor kabur sambil membawa uang."Dia berteriak setelah pelaku kabur," ujarnya.

Dalam gelar perkara yang dilakukan di Mapolres Magelang, SJ mengakui belum mendapatkan bagian uang. Hal tersebut karena uang dibawa tersangka WA.

"Saya belum menikmati uang itu. Uangnya dibawa WA. Dari awal nggak ada perjanjian (besar pembagian uang)," ujar perempuan berkacamata itu.

Ia mengakui sebagai perencana pencurian uang tersebut. Uang hasil kejahatan rencananya akan digunakan untuk membayar utang sebesar Rp 60 juta."Buat bayar utang. Sekitar Rp60 juta. Rencana kejadian 2 hari sebelumnya," ujar dia.

Untuk barang bukti dalam kasus ini, sisa uang sebesar Rp 31 juta. Kemudian, sepeda motor Kawasaki Ninja yang dibeli dari uang hasil pencurian, satu unit handphone dan sepeda motor Honda Beat. Atas kejadian ini pelaku diancam Pasal 336 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.


(mbr/sip)