Corona Varian Delta Ditemukan di Kudus, Ganjar: Jangan Panik

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 19:06 WIB
Ganjar Pranowo menunjukkan zona Merah Corona di Jateng, 7/6/2021
Ganjar Pranowo menunjukkan zona Merah Corona di Jateng, (7/6/2021)/ Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat tidak panik meski virus Corona varian delta ditemukan di Kudus. Ganjar mengingatkan protokol kesehatan harus dilaksanakan dengan baik.

"Nggak boleh panik, tapi juga harus hati-hati. Kepada mereka yang belum divaksin anda dalam posisi relatif bahaya, yang divaksin juga bisa tertular," kata Ganjar usai rapat penanganan COVID-19 di kantornya, Senin (14/6/2021).

Hal itu disampaikan Ganjar saat ditanya terkait pesan berantai yang menyebut agar menghindari Jawa Tengah karena ditemukan virus COVID-19 varian delta yang cepat menyebar. Ganjar pun mengingatkan agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Maka orang tua, anak-anak disiplin, kalau nggak penting nggak usah keluar rumah, kalau keluar masker jangan dicopot," pesan Ganjar.

Ganjar Ingatkan Pentingnya Edukasi Prokes

Menurut Ganjar, penegakan disiplin protokol kesehatan bisa dibantu dengan operasi yustisi namun tidak melulu soal sanksi. Ganjar berpendapat edukasi dan sosialisasi menjadi opsi terbaik untuk menyadarkan pentingnya protokol kesehatan.

"Edukasi belum selesai dan sosialisasi nggak boleh berhenti. Selebihnya operasi yustisi nggak perlu ragu, dibantu kepolisian dan TNI. Tapi lagi-lagi hukum-menghukum tidak pernah cukup yang dilakukan pendekatan ke masyarakat, sosial dan mengedukasi untuk mereka bisa paham. Saya butuh ahli, para sosiolog, psikolog, tokoh agama, dan tokoh masyarakat (bantu edukasi dan sosialisasi)," jelasnya.

Ia pun mengingatkan soal masker yang bisa melindungi diri sendiri dan orang lain seperti dalam video Gus Mus tahun lalu agar masyarakat mau memakai masker.

"Kayak video Gus Mus tahun lalu, saya puter lagi. Pakai masker itu bukan kamu tok yang dilindungi tapi orang lain juga, jangan egois. Pakai masker itu melindungi diri dan orang lain. Orang lain punya hak dilindungi," pesan Ganjar.

Ganjar pun tak menampik soal dugaan Corona varian delta sudah menyebar di daerah sekitar Kudus. Ganjar pun berharap ada tracing kontak erat sehingga bisa ditelusuri sumber penularannya.

"Tergantung tracingnya, saya berharap ada yang lakukan itu dari mana. Berurutan, macam-macam ada yang bilang tenaga kerja pulang, dari awak kapal dan sebagainya. Ini pasti ada hubungan orang dari luar. Maka saya minta tolong tracing dicek siapa pembawanya," ucap Ganjar.

Jateng Tambah Bed hingga Ruang Isolasi

Dia menambahkan upaya penanganan lonjakan kasus Corona di Jawa Tengah sudah dilakukan. Salah satunya dengan menambah jumlah bed hingga tempat isolasi.

"Tambahan tempat tidur mulai ada hasil, baik itu tempat tidur ICU, rumah sakit, tempat isolasi terpusat. Saya nanti minta tambahannya dan sore nanti direkap," terang Ganjar.

(ams/rih)