Zulhas Bilang Amien Rais Sosok Tak Tergantikan, tapi...

Heri Susanto - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 17:26 WIB
Ketum PAN Zulkifli Hasan di Semarang, Kamis (27/5/2021).
Ketum PAN Zulkifli Hasan di Semarang (Foto: Angling/detikcom)
Yogyakarta -

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut Amien Rais sebagai sosok tak tergantikan bagi partainya. Meski begitu, Zulhas yakin suara PAN tak akan berkurang meski ditinggal salah satu pendirinya itu.

"Pak Amien Rais tidak tergantikan. Sosok seperti beliau tidak banyak, hanya satu atau dua seperti Buya Syafii (Maarif), profesor, tokoh reformasi, lulusan Amerika Serikat, sedikit. Seperti kita-kita ini yang banyak," kata Zulhas, saat pidato di hadapan pengurus DPD dan DPW PAN se-DIY di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, Senin (14/6/2021).

Meski begitu Zulhas optimistis kehadiran Partai Ummat, yang didirikan Amien Rais, tak bakal membuat PAN kehilangan suara. Zulhas pun menyambut kehadiran Partai Ummat untuk meramaikan politik di tanah air.

"Kita tidak perlu khawatir, sesuai dengan deklarasi PAN, sebagai partai berlandaskan Pancasila dengan berlandaskan moral agama. Jadi PAN tidak khawatir kehilangan suara," ucap Zulhas.


Zulhas lalu bicara soal potensi pecahnya suara gara-gara Partai Ummat. Zulhas mencontohkan pecahnya suara Partai Golkar yang akhirnya melahirkan tiga partai yakni NasDem, Gerindra, dan Hanura.

"Partai Golkar punya anak tiga. Tapi setiap disurvei, Golkar berada di urutan kedua. Saya tidak bisa membayangkan kalau konflik Golkar tidak terurai," kata Zulhas.

Zulhas pun meminta para kadernya tetap optimistis mengembangkan PAN. Terlebih DIY sebagai daerah yang dikenal sebagai basis suara Amien Rais.

"Mudah-mudahan dengan yang disebut Ketua DPW (Suharwanto) tadi, dari tiga kepala daerah bisa menjadi empat, dari satu anggota DPR RI bisa dua," harap Zulhas.

"Oh iya, terakhir dengan adanya Partai Ummat, kita ucapkan ahlan wa sahlan, kehadirannya memacu untuk berlomba-lomba dalam kebaikan," katanya.

Ketum PAN Zulkidli Hasan melantik pengurus DPW PAN DIY, Senin (14/6/2021)Ketum PAN Zulkidli Hasan melantik pengurus DPW PAN DIY, Senin (14/6/2021) (Foto: Heri Susanto/detikcom)

Untuk diketahui, Zulhas bersama dua mantan eks Ketum PAN yakni Soetrisno Bachir dan Hatta Rajasa datang ke Yogya untuk pelantikan pengurus DPW PAN DIY. Rombongan Zulhas juga sempat sowan ke mantan Ketum Muhammadiyah Buya Syafii Maarif, dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Simak juga 'Zulhas Bicara Demokrasi Moral yang Banyak Berubah':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)