Kasus Aktif Corona di Kudus Tembus 2 Ribu, 80 Desa Zona Merah!

ADVERTISEMENT

Kasus Aktif Corona di Kudus Tembus 2 Ribu, 80 Desa Zona Merah!

Dian Utoro Aji - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 14:41 WIB
Suasana Kudus pada hari pertama Di Rumah Saja, Senin (14/6/2021).
Suasana Kudus pada hari pertama 'Di Rumah Saja', Senin (14/6/2021). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Varian Corona asal India atau B1617.2 atau Delta ditemukan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Akibat kasus Corona di Kudus melonjak, jumlah desa zona merah Corona pun bertambah menjadi 80.

"Ya sementara untuk perubahan angka COVID-19 untuk perubahan angka COVID kemarin sempat melandai turun, hari Minggu kan proses PCR-nya libur, mungkin belum muncul (untuk update hari ini)," kata Bupati Kudus HM Hartopo kepada wartawan ditemui di Pendapa Kabupaten Kudus, Senin (14/6/2021).

Hartopo mengatakan kasus terkonfirmasi aktif positif COVID-19 saat ini tembus di angka 2.091 orang yang terkonfirmasi positif COVID. "Ya mudahan hari ini proses tumpukan PCR proses. Mudah-mudahan hasil hari ini segera turun, kemarin turun lumayan. Angka COVID aktif harian ada 2 ribu," jelasnya.

80 Desa di Kudus Berstatus Zona Merah

Hartopo mengatakan jumlah desa zona merah COVID yang semula 60 kini bertambah menjadi 80 desa zona merah. Namun, Hartopo tidak merinci desa mana saja yang zona merah.

"Bertambah jadi 80 zona merah, ini lebih merata. Wah ini saya buka data (saat ditanya desa mana saja)," ujar Hartopo.

Hartopo mengatakan berbagai upaya dilakukan untuk memutus penyebaran COVID-19. Terlebih dengan ditemukannya varian COVID-19 B1617.2 atau varian Delta, salah satunya dengan pengetatan PPKM mikro di masing-masing desa.

"Upayanya zona merah kita langsung PPKM mikro. PPKM Mikro harus diperketat langsung, di RT mana, di RW mana. Maksudnya terinfeksi banyak ya di situ nanti ada semi lockdown," ucapnya.

"Camat agar bisa menekankan ke desa-desa, karena ini adalah penekanan PPKM Mikro. Harapannya adalah RT-RT ini aktif semua. Kemarin penekanan menyeluruh. Pak Camat tak suruh turun, RT zona merah menutup jalan, satu jalan saja yang dibuka," pesan Hartopo.

Tempat Tidur Pasien Corona Kudus Ditambah

Dia juga meminta kepada seluruh rumah sakit di Kudus menambah tempat tidur bagi pasien positif COVID. Misalnya di RSUD Kudus saat ini sudah menambah hingga 53 persen untuk ruang perawatan pasien COVID-19.

"Untuk RSU (rumah sakit umum daerah Kudus) untuk 53 persen, sudah sampai 200 sekian tempat tidur. Artinya lebih dari 50 persen, karena persediaan di sana hanya 400 sekian tempat tidur. Ini artinya kita luaskan terus. Untuk yang swasta tak kasih imbauan harus ada penambahan 50 persen. Sampai sekarang belum ada realisasi," ujarnya.

"Ya harus didorong terus, ini memang perintah dari pusat," tegas Hartopo.

Dari data sebaran COVID-19 di Kudus per 13 Juni 2021, jumlah kasus aktif sebanyak 2.091 orang. Penambahan kasus baru hari ini ada 83 orang, meninggal dunia 5 orang dan sembuh ada 329 orang.

Secara keseluruhan kasus terkonfirmasi positif Corona meninggal dunia ada 866 orang, dan konfirmasi sembuh ada sebanyak 7.651. Sementara akumulasi kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kudus sebanyak 10.608 orang.

(ams/sip)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT