Round-Up

5 Fakta Viral Video Nenek Tawen yang Disebut Kerap Dimaki Anak

Robby Bernardi - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 08:54 WIB
Viral kisah Nenek Tawen di Pemalang sering dicaci-maki anaknya
Viral kisah Nenek Tawen di Pemalang sering dicaci-maki anaknya. (Foto: tangkapan layar IG mintulgemintul)
Pemalang -

Seorang nenek asal Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, viral di sosial media. Dari unggahan video TikTok, Nenek Tawen (86) disebut kerap mendapat cacian dari anaknya.

Dalam video berdurasi 27 detik itu, pemilik akun menuliskan narasi yang menyebut anak Nenek Tawen tak mau makan bersama ibunya itu. Sehingga Nenek Tawen harus duduk sendirian saat anaknya makan. Lalu seperti apa fakta di balik video itu?

1. Nenek Tawen Tinggal dengan Seorang Anaknya

Fakta bahwa Nenek Tawen tinggal serumah dengan anak lelaki bungsunya adalah benar. Nenek Tawen, mempunyai tiga anak.

Dua anak lainnya dari Nenek Tawen sudah berumah tangga, bahkan anak pertamanya tinggal bersebelahan dengan Nenek Tawen. Sedangkan anak keduanya yang juga telah berumah tangga, tinggal di rumah lainnya yang masih satu desa.

2. Kades Bantah Nenek Tawen Sering Dicaci Anaknya

Dalam video yang viral, disebut anak Nenek Tawen selalu mencaci makinya. Menurut Kepala Desa Kalimas, Kecamatan Randudongkal, Mujiono, menjelaskan, informasi itu tidaklah benar. Menurutnya, pembuat video hanya melihat dari salah satu sisi dari kehidupan nenek dan anaknya tersebut, di saat komunikasi antara keduanya sedang kurang baik.

"Ya wajarlah, kalau ada perselisihan sedikit. Normal. Tapi itu tidak terjadi setiap hari dan tidak sampai ke fisik. Hanya miskomunikasi saja," kata Mujiono yang juga tetangga Nenek Tawen.

3. Nenek Tawen Memang Tak Makan Bersama Anaknya

Mujiono juga menjelaskan soal narasi Nenek Tawen tidak makan bersama anaknya usai memasak dalam video viral itu. Fakta itu disebutnya benar.

Dia menjelaskan, kebiasaan makan di desa jarang dilakukan secara bersama-sama dalam satu keluarga. Kecuali dalam acara-acara besar dan tertentu saja.

Mujiono menjelaskan nenek yang usai memasak memang tidak selalu makan bersama anaknya.

"Kenapa Nenek Tawen ini tidak makan bersama anaknya usai memasak? Kita tinggal di desa, tidak ada tradisi satu keluarga yang harus sarapan, atau makan bareng satu meja. Ya kalau lapar, makan bisa sewaktu-waktu, tanpa harus menunggu jam makan atau menunggu anggota keluarga lainnya," jelasnya.

Pembuat video TikTok akhirnya melakukan ini...

Simak juga 'Pria di Sumsel yang Ancam Bunuh Nenek Menangis Saat Diciduk Polisi':

[Gambas:Video 20detik]