Round-Up

Kondisi Kudus Selama Sepekan 'Diamuk' Corona

Dian Utoro Aji - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 18:20 WIB
Sejumlah pasien COVID-19 naik ke bus sekolah saat akan dipindahkan dari Kudus di Jawa Tengah, Senin (7/6/21). Sebanyak 23 pasien COVID-19 yang terdiri Aparatur Sipil Negara dan keluarganya di Kudus dipindahkan ke tempat karantina terpusat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah guna mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik serta mencegah penularan COVID-19 yang lebih luas. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/wsj.
PEMINDAHAN PASIEN COVID-19 DARI KUDUS KE BOYOLALI (Foto: ANTARA FOTO/YUSUF NUGROHO)
Kudus -

Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menjadi zona merah penyebaran virus Corona atau COVID-19. Jumlah kasus baru pun masih tinggi dalam dua pekan belakangan. Lalu bagaimana kondisi Kudus terkini?

Selama sepekan ini kasus Corona di Kudus terus mengalami peningkatan, bahkan kasus aktif COVID-19 tembus 2 ribu kasus. Selain itu jumlah warga Kudus yang diisolasi di Asrama Haji Donohudan, Boyolali juga bertambah.

Berikut gambaran situasi Kudus selama sepekan:

1. Kasus Aktif COVID-19 Tembus 2 Ribu Kasus

Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Mas'ut mengatakan kasus aktif COVID-19 di Kudus masih naik turun dalam sehari. Menurutnya jumlah kasus aktif COVID-19 per 11 Juni 2021 mencapai 2.170 orang.

"Konfirmasi aktif saat ini adalah 2.170 orang mengalami peningkatan 224 orang, untuk konfirmasi baru sejumlah 479 orang, dirawat di rumah sakit ada 486 orang, dan isolasi mandiri ada 1.117 orang," jelas Mas'ut ditemui di Pendapa Kabupaten Kudus, Jumat (11/6/2021).

2. Pasien Corona Asal Kudus di Donohudan yang meninggal bertambah Jadi 2

Mas'ut menjelaskan jumlah warga Kudus positif COVID-19 yang meninggal dunia saat menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah bertambah menjadi dua.

"Terakhir kemarin tota sejumlah 529 orang (yang sudah dipindahkan isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan), meninggal dua orang," jelas Mas'ut, Jumat (11/6).

3. Evakuasi warga Kudus kena Corona ke Donohudan disetop

Pemerintah Kabupaten Kudus menghentikan sementara evakuasi warganya yang terkonfirmasi positif COVID-19 ke Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali, Jateng. Hal tersebut dilakukan karena kapasitas di Asrama Haji nyaris penuh.

"Jadi hari ini pemberangkatan positif COVID-19, kita hentikan karena kapasitas yang ada di sana memang sudah hampir penuh. Informasinya tersisa 150 tempat tidur dan itu diprioritaskan untuk warga kawasan Solo Raya," jelas Mas'ut, Jumat (11/6).

4. Pemkab siapkan isolasi terpusat di Kudus

Dia menjelaskan pemkab saat ini sedang berupaya untuk menyiapkan isolasi mandiri terpusat di Kudus sendiri. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi lonjakan COVID-19 yang juga sedang terjadi di daerah tetangga Kabupaten Kudus.

"Kami saat ini mempersiapkan opsi terpusat di Rusunawa Kudus sebagai upaya kalau untuk mungkin suatu saat penuh semua. Karena peningkatan kasus COVID-19 tidak hanya di Kabupaten Kudus hampir merata di beberapa wilayah," jelasnya.

Selengkapnya soal kasus Corona 'ngamuk' di Kudus..

Lihat juga Video: 40 Pasien Corona Kudus di Donohudan Dirujuk ke RS, 2 Meninggal

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2