Viral Kisah Nenek Tawen di Pemalang Kerap Dimaki Anak, Ini Faktanya

Robby Bernardi - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 12:43 WIB
Viral kisah Nenek Tawen di Pemalang sering dicaci-maki anaknya
Viral kisah Nenek Tawen di Pemalang sering dicaci-maki anaknya (Foto: tangkapan layar IG mintulgemintul)
Pemalang -

Sebuah video seorang nenek duduk di lincak viral di media sosial. Dalam narasi video itu disebutkan nenek itu hidup dengan anaknya yang emosional dan tak punya hati. Seperti apa faktanya?

Dalam video itu terlihat nenek berkaos hitam dan rok panjang berwarna gelap itu duduk mengusap peluh dengan daster warna merah. Video viral itu berdurasi 27 detik ini diberi latar lagu Ummi Tsumma Ummi.

"Dia ga sebatang kara, hidup dengan anak laki-lakinya, yang emosional dan tidak punya hati. Setelah masak, dia harus menunggu anaknya makan dulu, karena anaknya gak mau liat kalau dia lagi makan. Caci maki dan perlakuan kasar sudah biasa dia terima," tulis pembuat video tersebut seperti dikutip detikcom.

Pada detik ke-16, nenek itu tampak menyandarkan kepalanya di sandaran lincak. Seakan menghilangkan penat, nampak tangan kanan nenek memegangi perutnya.

"Jahat banget ga sii aku kadang mikir, kenapa Allah tidak ambil aja, dari pada hidupnya kaya gini," sambung pembuat video.

Salah satu pengunggah video tersebut akun Instagram @mintulgemintul. Saat dilihat detikcom pagi tadi, video itu sudah dilihat 98 ribu dan dikomentari lebih dari 700 netizen.

Dari penelusuran detikcom, nenek itu tinggal di Desa Kalimas, Kecamatan Randudongkal, Pemalang. Nenek itu diketahui bernama Tawen (86), dia tinggal bersama anak bungsunya laki-laki yang belum berumah tangga. Nenek Tawen memiliki tiga anak, anak pertama tinggal sebelah rumahnya sedangkan anak kedua tinggal masih satu desa dengan sang nenek.

"Tidak semuanya benar, benar nenek itu usai memasak dan memang tidak makan bersama anaknya. Kenapa Nenek Tawen ini tidak makan bersama anaknya usai selesai memasak? Kita tinggal di desa, tidak ada tradisi satu keluarga yang harus sarapan, atau makan bareng satu meja. Ya kalau lapar, makan bisa sewaktu-waktu, tanpa harus menunggu jam makan atau menunggu anggota keluarga lainnya," jelas Kepala Desa Kalimas, Mujiono saat ditemui detikcom, Sabtu (12/6/2021).

Mujiono menerangkan dalam video yang viral itu nenek Tawen duduk di kursi lincak yang berada dekat dengan dapur.

"Selesai memasak, atau bersih-bersih rumah, nenek biasanya memang duduk di situ. Nenek ini nggak mau diam jika belum capek," kata Mujiono.

Cerita kades soal video Nenek Tawen yang viral di halaman selanjutnya...

Tonton juga Video: Kisah Pilu Nenek Sebatang Kara di Ciamis Tinggal di Gubuk Reyot

[Gambas:Video 20detik]