Asap Hitam Masih Membubung di Area Tangki Kilang Pertamina Cilacap

Arbi Anugrah - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 09:43 WIB
Asap hitam masih membubung dari kawasan kilang Pertamina RU IV Cilacap, Sabtu (12/6/2021).
Asap hitam masih membubung dari kawasan kilang Pertamina RU IV Cilacap. (Arbi Anugrah/detikcom)
Cilacap -

Asap hitam membubung di area tangki kilang Pertamina yang terbakar tadi malam. Upaya pemadaman sisa api di area luar tangki 205 area 39 Pertamina RU IV Cilacap masih dilakukan.

Pantauan detikcom dari area kawasan industri Cilacap, Sabtu (12/6/2021), pukul 08.45 WIB, terlihat asap hitam masih mengepul dari kawasan kilang Pertamina yang terbakar tadi malam. Dari titik lokasi yang berjarak sekitar 350 meter, masih terlihat adanya api di sela kepulan asap hitam tersebut.

Asap hitam itu mengepul dari tangki kilang Pertamina yang memproduksi benzene. Hingga saat ini polisi melakukan penjagaan di pintu masuk kawasan industri Cilacap, sementara di kawasan proyek Pertamina dijaga sekuriti.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran di area kilang Pertamina RU IV Cilacap itu terjadi pukul 19.45 WIB. Api bisa dipadamkan pada pukul 21.00 WIB.

"Sempat ada insiden kebakaran tangki di area kilang kami di RU IV Cilacap. Untuk sementara memang belum diketahui, tetapi ketika kejadian memang lokasi kondisi Cilacap saat itu hujan besar dan petir juga cukup bersahutan," ujar Area Manager Communication, Relations, & CSR RU IV Cilacap Hatim Ilwan saat dihubungi wartawan, Jumat (11/6) malam.

Asap hitam masih membubung dari kawasan kilang Pertamina RU IV Cilacap, Sabtu (12/6/2021).Asap hitam tampak masih membubung dari kawasan kilang Pertamina RU IV Cilacap, Sabtu (12/6/2021). (Arbi Anugrah/detikcom)

Ilwan menerangkan pihaknya langsung berupaya melakukan pemadaman dengan mengerahkan 50 tenaga pemadam kebakaran. Ilwan menyebut produk yang terbakar dari tangki tersebut berupa benzene, yang merupakan bahan dasar petrochemical sehingga tidak berpengaruh terhadap produksi BBM.

"Saat ini kita sudah berhasil mengendalikan kebakaran yang terjadi pada tangki itu. Memang kita masih melakukan pemadaman sisa api di area luar. Upaya pendinginan juga masih terus kita lakukan untuk mencegah api timbul kembali," lanjut dia.

Simak Video: Kobaran Api Saat Kilang Pertamina Cilacap Terbakar

[Gambas:Video 20detik]



(ams/ams)