Donohudan Nyaris Penuh! Evakuasi Warga Kudus Kena Corona Disetop

Dian Utoro Aji - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 15:35 WIB
Warga Kudus positif Corona yang semula menjalani isolasi mandiri diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan Boyolali, Selasa (8/6/2021)
Warga Kudus positif Corona yang semula menjalani isolasi mandiri diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan Boyolali, Selasa (8/6/2021) (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menghentikan sementara evakuasi warganya yang terpapar virus Corona atau COVID-19 ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Alasannya Asrama Haji Donohudan disebut nyaris penuh.

"Jadi hari pemberangkatan positif COVID-19, kita hentikan karena kapasitas yang ada di sana memang sudah hampir penuh. Informasinya tersisa 150 tempat tidur, dan itu diprioritaskan untuk warga kawasan Solo Raya," jelas Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Mas'ut kepada wartawan di Pendapa Kabupaten Kudus, Jumat (11/5/2021).

Mas'ut menyebut hari ini ada 209 warga Kudus yang dites swab di Asrama Haji Donohudan hari ini. Rencananya warga yang sudah dinyatakan negatif akan dipulangkan, namun hingga sore ini hasil tes swab itu belum keluar.

"Sehingga kalau hari ini ada warga Kudus yang bisa pulang di sana akan disterilisasi baru sudah siap kita dipersilahkan untuk memberangkatkan kamar tidur yang tersedia," jelasnya.

Pemkab Kudus Siapkan Tempat Isolasi Terpusat Mandiri

Mas'ut menjelaskan Pemkab Kudus sedang berupaya untuk menyediakan isolasi terpusat di Kudus sendiri. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi lonjakan kasus penyebaran COVID-19 yang juga terjadi di daerah lain.

"Kami saat ini mempersiapkan opsi terpusat di Rusunawa Kudus, sebagai upaya kalau untuk mungkin suatu saat penuh semua. Karena peningkatan kasus COVID-19 tidak hanya di Kabupaten Kudus hampir merata di beberapa wilayah," ungkapnya.

Mas'ut menyebut nantinya masing-masing desa maupun kelurahan di Kudus akan diminta menyiapkan tempat isolasi mandiri.

"Sehingga apabila situasi tidak memungkinkan kita sudah mengupayakan untuk lintas sektoral untuk persiapan di Rusunawa. Hari ini juga asisten 1 koordinasi dengan camat untuk menyiapkan ruang isolasi di tingkat desa," terang Mas'ut.

Kasus Aktif Corona Capai 2.170

Dia menambahkan per hari ini kasus aktif COVID-19 di Kudus mencapai 2.170 orang. Dari jumlah tersebut dirawat di rumah sakit sebanyak 486 orang dan menjalani isolasi mandiri 1.117 orang.

"Konfirmasi aktif adalah 2.170 orang, mengalami peningkatan 224 orang, untuk konfirmasi baru sejumlah 479 orang. Dirawat di rumah sakit ada 486 warga, dan isolasi mandiri 1.117 orang," jelasnya.

"(Isolasi) Terpusat 567 orang dengan rincian AKBID 39 orang kemudian tidak memenuhi syarat ada 14 orang dan ada di Donohudan 529 orang. Sembuh, secara keseluruhan 7.085 orang. Meninggal dunia 808 orang," pungkasnya.

Lihat juga Video: 40 Pasien Corona Kudus di Donohudan Dirujuk ke RS, 2 Meninggal

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)