Jumlah Pasien Corona Asal Kudus di Donohudan yang Meninggal Bertambah

Dian Utoro Aji - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 15:12 WIB
Rombongan warga Kudus positif Corona dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan, Rabu (9/6/2021)
Rombongan warga Kudus positif Corona dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan, Rabu (9/6/2021) (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Jumlah warga Kudus positif Corona yang meninggal dunia saat menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah bertambah jadi dua orang. Bupati Kudus disebut akan mendatangi Asrama Haji Donohudan untuk mendalami kondisi di sana.

"Terakhir kemarin total sejumlah 529 orang (yang dipindahkan ke isolasi mandiri terpusat di Asrama Haji Donohudan), meninggal dua orang," kata Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Mas'ut, kepada wartawan di Pendapa Kabupaten Kudus, Jumat (11/6/2021).

Dia menjelaskan pihaknya akan menggali lagi terkait dengan dua kejadian warga yang isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan meninggal dunia. Menurutnya rombongan Bupati Kudus pun akan mengecek langsung ke Donohudan Boyolali hari ini.

"Coba akan gali lagi, hari ini kami beserta akan berangkat ke sana dan komunitas kepada pihak pengelola untuk dapat (pelayanan) lebih baik," ungkapnya.

Menurutnya kondisi warga yang menjalani isolasi mandiri terpusat di Asrama Haji Donohudan bermacam-macam. Yang terpenting, kata dia, kekurangan pelayanan bagi warga diharapkan agar dibenahi lebih baik.

"Kesehatan beragam, bagus dan lainnya. Pengurus di sana sudah mempersiapkan sesuatunya. Ada kekurangan di sana-sini di pelayanan adalah hal lumrah," jelasnya.

"Memang sudah evaluasi tambah persyaratan lagi (warga yang dibawa ke Asrama Donohudan), usianya tidak lebih 60 tahun. Kita pemberangkatan kita screening di Rusunawa Kudus terlebih dahulu," tutup Mas'ut.

Diberitakan sebelumnya, terkait naiknya kasus Corona, Pemkab Kudus juga memperpanjang masa penutupan pasar-pasar tiban yang berada di dekat pabrik di Kudus. Dari awalnya yang berlaku hingga 7 Juni 2021, diperpanjang hingga kasus Corona di Kudus mereda.

(sip/ams)