Pasar Basin Klaten Lockdown Gegara Ada Pedagang Kena Corona

Achmad Syauqi - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 11:15 WIB
Pasar Basin, Klaten ditutup dan dipatroli Satgas COVID-19, Kamis (10/6/2021).
Pasar Basin Klaten ditutup karena Corona. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Pedagang di Pasar Basin, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Jawa Tengah terpaksa tidak berjualan. Pasar ditutup Satgas COVID-19 setelah seorang pedagang daging di pasar itu dirawat karena positif virus Corona atau COVID-19.

"Ditutup karena ada salah satu pedagang penjual daging sapi yang positif terpapar COVID-19. Kita tutup sementara," jelas Kades Basin, Mustofa Kamal, kepada detikcom, Kamis (10/6/2021).

Mustofa mengatakan pedagang tersebut tinggal tidak jauh dari pasar. Saat ini pasien tersebut dirawat di sebuah RS di Yogyakarta.

"Yang bersangkutan dirawat di RS di Yogyakarta. Inisialnya SS dan tracing sudah dilakukan, " ungkap Mustofa.

Salah seorang pedagang Pasar Basin Klaten, Handayani, mengatakan pasar ditutup mulai hari Kamis ini. Dia mengetahui penutupan pasar berlangsung selama tiga hari.

"Mau bagaimana lagi, karena tidak boleh ya libur tidak jualan," kata Handayani kepada detikcom.

Pedagang yang Kena Corona Sudah Sakit Seminggu

Handayani menceritakan pedagang yang terpapar COVID-19 adalah pedagang daging sapi yang merupakan warga Desa Basin. Pedagang tersebut, kata Handayani, sakit sudah sejak pekan lalu.

"Sakitnya sudah Minggu lalu ini dirawat di Yogyakarta. Lokasi jualan di barat pasar tapi karena dekat semua pedagang tutup," ungkap Handayani.

Pasar Basin, Klaten ditutup dan dipatroli Satgas COVID-19, Kamis (10/6/2021).Pasar Basin, Klaten ditutup dan dipatroli Satgas COVID-19, Kamis (10/6/2021). Foto: Achmad Syauqi/detikcom

Pedagang lain di pasar, imbuh Handayani belum diperiksa hingga saat ini. Kemungkinan karena lokasi berjualan pedagang daging itu agak jauh dari pedagang lain.

"Jualannya kan di barat rumah itu (rumah barat pasar). Jadi lumayan jauh tapi demi kesehatan semuanya ditutup," pungkas Handayani.

Pantauan detikcom di lokasi, puluhan lapak dan kios pedagang di tepi jalan raya itu senyap. Tidak ada aktivitas pedagang di lokasi.

Poster penutupan dari Satgas dipasang di lapak paling depan. Satgas gabungan kabupaten juga berpatroli mengecek lokasi setiap sudutnya.

Perwira Siaga Kodim 0723/ Klaten, Lettu Dalhar mengatakan mulai hari ini pasar tutup. Tidak ada pedagang yang beraktivitas.

"Hari ini mulai tutup sampai hari Sabtu. Ditutup karena ada pedagang positif COVID, kita pantau patroli," kata Dalhar kepada detikcom di lokasi.

Simak video 'Bersama Anies, Jokowi Cek Vaksinasi Corona di Terminal Kp Rambutan':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)