Ada Isu COVID, 99 Santri Ponpes Banjarnegara Dites Swab-Karantina

Uje Hartono - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 18:25 WIB
Pondok Pesantren Andalusia Banjarnegara
Pondok Pesantren Andalusia Banjarnegara (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Sebanyak 99 santri Pondok Pesantren Andalusia di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah dikarantina. Hal ini dilakukan setelah adanya laporan santri yang mengalami gejala virus Corona atau COVID-19.

Pantauan detikcom, Senin (7/6) siang, suasana di Pondok Pesantren Andalusia di Kelurahan Sokanandi, Banjarnegara terlihat lengang. Tidak terlihat aktivitas baik dari santri maupun pihak guru.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan, saat ini Dinas Kesehatan telah melakukan tes swab kepada santri di pondok pesantren Andalusia.

"Awalnya, ada isu yang mengatakan bahwa di Andalusia ada yang sakit kena COVID. Kita datang ke pesantren tersebut kita lakukan swab. Jumlahnya ada 99 santri (yang dites swab)," ujar Budhi saat ditemui di rumah dinasnya, Banjarnegara, Senin (7/6/2021).

Saat ini, pihaknya masih menunggu hasil swab dari 99 santri Andalusia. Budhi menyebut kegiatan di pondok pesantren untuk sementara ditiadakan.

"Jadi kita tinggal menunggu hasil swab, nanti akan kita rilis. Sampai sekarang hasil dari swab belum ada. Tetapi, saran dari Dinas Kesehatan semua aktivitas di-off kan dulu sambil menunggu swab dari Rumah Sakit Margono," jelas Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Banjarnegara itu.

Budhi menyebut, karantina dilakukan di area Pondok Pesantren Andalusia. Dia menerangkan tes swab dan karantina hanya digelar untuk santri di Pondok Pesantren Andalusia.

"Karantinanya di Andalusia. Jadi semuanya itu santri, tidak ada warga. Dari dinas juga sudah memberikan vitamin, kemarin saya juga sudah memberikan susu dan madu. Kami imbau warga tetap mematuhi penerapan protokol kesehatan," imbaunya.

Simak video 'Corona RI 7 Juni: Tambah 6.993 Kasus, 5.594 Sembuh':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)