Sampah Berserakan di JPO Kudus Ternyata Alat Rapid Antigen, Punya Siapa?

Dian Utoro Aji - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 18:14 WIB
Kasus COVID Kudus terkini: sampah alat tes Corona berceceran di JPO Simpang Tujuh Kudus, Senin (7/6/2021)
Kasus COVID Kudus terkini: sampah alat tes Corona berceceran di JPO Simpang Tujuh Kudus, Senin (7/6/2021). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kudus menyebut sampah medis yang berserakan di atas jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Simpang Tujuh Kudus adalah alat rapid tes antigen Corona bekas. Dinkes melacak dari mana sumber sampah medis itu.

"Itu termasuk rapid antigen," kata Plh Kepala Dinas Kesehatan Kudus, Mas'ut, kepada wartawan ditemui usai mengantarkan warga isolasi mandiri yang akan dikirim ke Asrama Haji Donohudan di Rusunawa Kudus, Senin (7/6/2021).

Mas'ut menuturkan pihaknya akan mencari tahu dari mana asal sampah medis tersebut. Apalagi sampah tersebut cukup bahaya dan seharusnya dimusnahkan secara khusus.

"Kita minta cari tahu itu dari mana, kami perintahkan kepada seluruh aparat nakes yang melaksanakan rapid antigen, karena itu termasuk barang berbahaya. Karena juga pemusnahannya secara khusus," jelasnya.

"Secara khusus ada aturan sendiri, limbah kesehatan memang ada pemusnahan tersendiri, tidak bisa dibuang sembarangan," lanjut Mas'ut.

Dia mengatakan akan meminta dinas terkait untuk mengecek sampah medis yang sudah terlanjur dibersihkan oleh petugas kebersihan.

"Nanti kita sampaikan ke dinas kebersihan untuk mencari sampah itu biar dipisahkan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah sampah plastik hingga sampah medis berserakan di atas jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Simpang Tujuh Kudus, Jawa Tengah. Ngerinya ada alat tes antigen virus Corona atau COVID-19 maupun alat suntik yang juga dibuang sembarangan.

Pantauan di lokasi, Senin (7/6), sekitar pukul 14.00 WIB, sampah-sampah itu berada di bagian selatan JPO di kawasan Simpang Tujuh Kudus. Terlihat ada bekas alat suntik, dan bekas alat tes COVID-19 yang berceceran di sekitar JPO tersebut.

Ada tulisan COVID-19 IgG/IgM di bagian alat tes COVID-19 yang berceceran itu. Di lokasi terlihat ada sekitar empat alat bekas tes COVID-19 dan sejumlah alat suntik.

Sampah medis ini tampak bercampur dengan sampah plastik lainnya. Padahal JPO ini termasuk ramai lalu lalang banyak orang.

Simak juga video 'Arahan Panglima TNI Tangani Kasus Covid-19 di Kudus-Bangkalan':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)