300 Pohon Ganja Diamankan dari Penggerebekan Rumah di Brebes

Imam Suripto - detikNews
Minggu, 06 Jun 2021 12:57 WIB
Tanaman ganja dalam pot yang diamankan dari sebuah rumah di Brebes, Minggu (6/6/2021).
Tanaman ganja dalam pot yang diamankan dari sebuah rumah di Brebes, Minggu (6/6/2021). (Foto: dok. Koramil Songgom, Brebes)
Brebes -

Sekitar 300 pohon ganja diamankan dari sebuah rumah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tanaman ganja itu ditanam dalam pot.

Danramil 17 Songgom Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Sutarno, mengatakan penggerebekan dilakukan oleh petugas dari Polres Metro Jakarta Barat, di rumah yang dihuni berinisial Y di Dukuh Pengilon, Desa Wanacala, Kecamatan Songgom, Brebes.

"Jumlahnya sekitar 300 pohon dan ditanam di dalam pot. Penggerebekan ini hasil pengembangan penyidikan polisi," ungkap Sutarno, Minggu (6/6/2021).

Penggerebekan itu berdasarkan pengembangan penyidikan yang dilakukan terhadap tersangka inisial H (30), jaringan pengedar ganja yang ditangkap Polres Jakarta Barat. Tanaman ganja yang diamankan tersebut diperkirakan berumur 3 bulan.

Ratusan pohon ganja itu kemudian dimasukkan ke truk dan diangkut ke Polres Jakarta Barat. Pohon ganja itu akan dijadikan barang bukti terhadap kasus yang tengah ditangani.

Sutarno menambahkan, penghuni rumah, Y, mengaku tidak mengetahui bahwa tanaman yang ada di dalam pot adalah ganja. Dia berdalih, lanjutnya, hanya diberi tugas oleh majikannya yang tinggal di Jakarta untuk merawat tanaman tersebut. Untuk pengembangan dan penyelidikan lebih lanjut, Y juga dibawa petugas berikut tanaman ganja tersebut.

"Y hanya mengaku disuruh merawat oleh U, majikannya," pungkasnya.

Terpisah, Kasat Narkoba Polres Brebes Iptu Aris Maryono mengatakan, penyitaan pohon ganja tersebut adalah hasil pengembangan dari Polres Metro Jakarta Barat.

"(Polres) Jakbar, Jakarta Barat," kata Aris saat dihubungi.

(rih/rih)