Mega Ungkap Keakraban Bung Karno dan Seniman Hingga Tercipta Pancasila

Heri Susanto - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 17:29 WIB
Pembukaan pameran seni Akara di DPD PDIP Yogyakarta
Pembukaan pameran seni Akara di DPD PDIP Yogyakarta. (Foto: DPD PDIP DIY)
Yogyakarta -

Ketua Umum DPP PDIP Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengungkapkan kaitan erat antara seni, daya kreasi dan gagasan dan Pancasila. Megawati juga mengatakan karya para seniman dapat menggambarkan imajinasi tentang arah ke depan dan cita-cita bangsa.

Hal tersebut disampaikan Megawati membuka 'Pameran Seni Akara' secara virtual dalam rangka Bulan Bung Karno, di Kantor DPD PDI Perjuangan DIY, Sabtu (5/6/2021).

Megawati menegaskan, Bung Karno sangat dekat dengan kalangan seniman. Hal tersebut sudah dilakukan sejak Bung Karno menjalani pengasingan di Ende, NTT maupun di Sumatera.

"Karya para seniman dapat menggambarkan imajinasi tentang arah ke depan dan cita-cita Indonesia Raya tercinta," kata Megawati dalam sambutannya.

Mega menegaskan, seniman berperan penting bagi Bung Karno dalam mempersembahkan gagasan tentang Pancasila. Seniman ikut membantu Soekarno menemukan konsep Pancasila.

"Pancasila, Indonesia, keindahan tanah air kita dan berbagai ekspresi yang menggambarkan potret kehidupan rakyat untuk berbicara tentang keIndonesiaan dengan seluruh gagasan, daya kreasi dan imajinasi," kata Mega.

Nampak hadir secara lanngsung dalam acara tersebut diantaranya kader PDIP yang juga menjabat Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wagub DIY Sri Paduka Pakualam XI, Ketua DPD PDIP DIY Nuryadi dan jajaran pengurus PDIP lainnya.

Pramono mengajak masyarakat untuk gotong royong saling membantu, terutama terhadap masyarakat yang terdampak pandemi. Salah satunya seniman.

"Karena seniman-seniman pada saat pandemi seperti ini perlu dibantu," ajak Anung saat memberi sambutan.

Ia berharap, pameran yang merupakan rangkaian dari memperingati hari lahir Pancasila ini bisa dilakukan pihak-pihak lain. Sehingga, seniman yang terpukul karena pandemi bisa kembali bergairah dalam berkarya.

"Mudah-mudahan pameran lukisan acara ini selalu menginspirasi untuk gotong royong membantu sesama korban pandemi," ujar Pram.

Dalam kesempatan tersebut, Pramono juga menyampaikan apresiasi pimpinan partainya atas kebijakan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang mewajibkan warga di DIY memperdengarkan lagu Indonesia Raya setiap pagi.

"Kami sebelumnya secara khusus kepada Bapak Sultan yang telah menginisiasi Indonesia dinyanyikan berkumandang pada saat jam kerja dan di manapun," kata Pram, di Gedung DPD PDI Perjuangan DIY, Sabtu (5/6/2021).

"Ibu Ketua Umum Megawati Soekarno Putri telah memerintahkan kepada seluruh kader untuk melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh bapak Sultan," lanjutnya.

(mbr/mbr)