PKB dan PD Klaten Pasangkan Foto Muhaimin-AHY: Embrio Koalisi Nasional

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 16:26 WIB
Foto Muhaimin-AHY disandingkan di Klaten, 5/6/2021
Foto Muhaimin-AHY disandingkan di Klaten. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Foto Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dipasangkan dengan ketua umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat acara silaturahmi DPC Partai Demokrat dan PKB. DPC PKB Klaten menilai awal dari Klaten bisa jadi embrio koalisi nasional.

"Agenda utama tidak ada itu (membahas pasangan Muhaimin-AHY). Kalaupun toh Klaten nanti dianggap sebagai embrio sebuah koalisi, koalisi untuk menuju koalisi nasional ya kita lihat perkembangannya," ungkap Ketua DPC PKB Klaten, Bambang Susanto, di sela silaturahmi DPC Partai Demokrat dan PKB di kantor DPC PKB Klaten, Sabtu (5/6/2021).

Bambang menjelaskan, pertemuan antara DPC PKB dengan Partai Demokrat itu untuk silaturahmi. Permohonan silaturahmi berasal dari DPC Partai Demokrat.

"Kita menerima permohonan dari teman teman DPC Partai Demokrat Klaten untuk silaturahmi karena ini masih bulan Syawal ya halal bihalal. Kita dialog, ya di level kabupaten untuk menyamakan persepsi agar Klaten lebih baik," sambung Bambang.

Soal foto Cak Imin-AHY disandingkan itu, papar Bambang, karena keduanya sebagai ketua umum partai yang memiliki kekuatan pendukung. Kalaupun beberapa hari ini keduanya disandingkan untuk alternatif Pilpres 2024 itu bukan hal aneh.

"Keduanya tentunya kalau jadi tokoh publik , tokoh nasional untuk 2024 tidak aneh. Karena masing masing punya kekuatan riil, kekuatan pendukung sebagai ketua partai politik," jelas Bambang.

Ditanya munculnya wacana di DPP PKB soal pasangan tersebut, kata Bambang, hal itu boleh saja. Apalagi PKB dan Demokrat sudah punya pengalaman koalisi di masa presiden SBY.

"Silakan saja menafsirkan begitu (Cak Imin-AHY). Intinya kedua ketua umum ini punya basis massa, toh PKB sudah punya pengalaman berkoalisi dengan Demokrat saat pak SBY jadi presiden," lanjut Bambang.

Ketua DPC Partai Demokrat Klaten, One Krisnata mengungkapkan soal pasangan Cak Imin-AHY di 2024 yang disinggung di forum itu hanya ekor. Sebab wacana pasangan itu mencuat dari pusat.

"Ini kan memang mencuat dari pusat, kami di daerah hanya mengekor saja. Kalo kami (Cak Imin-AHY) itu baik saja, itu pasangan nasionalis-religius menurut saya," kata One pada wartawan usai acara.

Pantauan detikcom, pertemuan pukul 14.00 WIB dengan agenda silaturahmi dua DPC partai itu dihadiri pengurus DPC dan anggota DPRD. Dalam pertemuan itu mencuat bahasan kerjasama antarfraksi di DPRD dan isu pasangan Cak Imin-AHY.

(mbr/mbr)