Kadis Perkim Pemalang Jadi Tersangka Dugaan Penggelapan!

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 16:06 WIB
Kapolres Pemalang, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho
Kapolres Pemalang, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Pemalang -

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Pemalang M saat ini resmi ditetapkan sebagai tersangka. M diduga terlibat kasus penipuan dan penggelapan proyek bedah rumah.

Saat dimintai konfirmasi, Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho membenarkan hal tersebut.

"Iya (Kadis Perkim) sudah ditetapkan tersangka," kata Ronny usai monev COVID-19 di Kecamatan Pemalang, Rabu (02/6/2021).

Ronny menyebut M kini berada di Rutan Polres Pemalang untuk memudahkan penyelidikan. Ronny menerangkan dalam kasus ini ada tiga tersangka, dua di antaranya merupakan rekan M.

"Masih kita tangani, kita melakukan penyelidikan dan kita melakukan pengembangan. Ada tiga tersangka," katanya.

Sementara itu, pihak Pemkab Pemalang belum bisa dimintai konfirmasi soal penetapan tersangka salah satu kadis di jajarannya. detikcom sudah menghubungi bupati maupun sekda Pemalang via telepon, namun keduanya tidak memberikan respons ketika ditanya soal hal ini. Saat ditemui di kantornya, kedua pejabat Pemkab Pemalang juga tidak ada di tempat.

Sebelumnya diberitakan, M ditangkap sejak Minggu (29/5) lalu. Kasat Reskrim Polres Pemalang AKP John Kennertony menyebut penangkapan M merupakan pengembangan dari kasus penipuan dan penggelapan proyek bedah rumah dari dua tersangka yakni F dan S.

"Sebelumnya, Polres Pemalang telah mengamankan tersangka F dan S, yang diduga melakukan tindak pidana penggelapan pengadaan material yang digunakan dalam program bedah rumah," jelas John kemarin.

Atas perbuatannya, M dijerat dengan Pasal 372 juncto pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

(ams/sip)