Round-Up

Canda Ganjar dan Puan di Rumah Mega Sebelum Ditikung Acara PDIP

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 17:55 WIB
Puan Maharani dan Ganjar Pranowo
Foto: Puan Maharani dan Ganjar Pranowo
Yogyakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak diundang di acara kader PDIP yang dihadiri Ketua DPP PDIP Puan Maharani akhir pekan lalu. Ganjar menepis berkonflik dengan Puan dan mengungkap pertemuannya saat sowan di rumah Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Pertemuan di kediaman Megawati di Teuku Umar, Jakarta, itu terjadi pada Jumat (21/5), tepatnya sehari sebelum acara pengarahan kader DPD PDIP Jateng di Semarang. Ganjar menyebut kala itu pertemuannya dengan Puan berlangsung cair, sehingga mengaku kaget ketika tidak diundang saat acara PDIP di Semarang pada Sabtu (22/5).

"Pada saat saya sowan Ibu (Megawati) untuk halalbihalal, Mbak Puan ada di sana dan kami sempat bercanda. Jadi, ketika kemudian di medsos seperti itu (disebut berseteru), saya sungguh-sungguh sangat kaget," kata Ganjar di gedung DPRD Jateng, Semarang, Jumat (28/5/2021).

"Saya orang Jawa, kader partai, yang diajari untuk mendhem jero, mikul dhuwur (menutupi keburukan, menjunjung tinggi kehormatan yang dituakan)," lanjutnya.

Ada Jasa Puan di Balik Kemenangan Ganjar

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mengungkap jasa Puan ketika dia maju Pilgub Jateng pada 2013. Ganjar mengenang kala itu elektabilitasnya masih rendah, sedangkan lawannya adalah calon gubernur petahana Bibit Waluyo. Puan kala itu maju sebagai komandan tempur dan berhasil mendongkrak elektabilitasnya di Pilgub Jateng 2013.

"Maka saya masih ingat dan belum lupa ketika elektabilitas saya masih rendah pada 2013, Mbak Puan sebetulnya komandan tempurnya, itu tidak pernah lupa. Saya tidak punya modal saat itu, itu tidak pernah lupa, maka Partai (PDIP) saat itu yang bergerak, sehingga saya menang," tutur Ganjar.

Ganjar pun mengklaim tak ada konflik antara dia dan Puan. Dia menyebut hubungannya dengan Ketua DPR RI itu baik-baik saja.

"Maka inilah cara penghormatan saya kepada Mbak Puan karena sampai dengan hari ini saya tidak pernah berkonflik dengan beliau. Baik-baik saja," ujar Ganjar.

Ganjar vs Puan Bukan Cuma soal Capres

Sebelumnya, Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto menyebut Ganjar memang sengaja tidak diundang di acara pengarahan kader PDIP di Jateng yang dihadiri Puan, Sabtu (22/5). Pria yang karib disapa Bambang Pacul ini menyebut persoalan Ganjar bukan hanya berkaitan capres 2024, melainkan persoalan etika.

"Jadi itu sangat sepele, bukan soal rebutan capres antara Mbak Puan dan Pak Ganjar, (tapi) durung ono (belum ada) kode Bu Ketum (Megawati Soekarnoputri)," kata Bambang di kompleks MPR/DPR, Jakarta, Selasa (25/5).

Selanjutnya soal peringatan PDIP ke Ganjar...

Simak video 'Ganjar Tepis Konflik dengan Puan: Dia Komandan Tempur Saya':

[Gambas:Video 20detik]