Mengenaskan! Begini Kondisi Puluhan Anjing Saat Disita di Kulon Progo

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 15:25 WIB
Kondisi terkini anjing hasil sitaan kasus penyelendupan yang dievakuasi RRDC Yogyakarta, Rabu (19/5/2021).
Kondisi terkini anjing hasil sitaan kasus penyelendupan yang dievakuasi RRDC Yogyakarta, Rabu (19/5/2021). Foto: dok. RRDC Yogyakarta
Kulon Progo -

Ron Ron Dog Care (RRDC) Yogyakarta memastikan anjing hasil sitaan kasus penyelundupan yang berhasil digagalkan Polres Kulon Progo beberapa waktu lalu dalam keadaan sehat. Seluruh anjing yang kini tersisa 62 ekor itu telah mendapat perawatan yang layak serta memperoleh layanan kesehatan.

"Sudah lumayan (kondisi kesehatan anjing), jadi kemarin sudah kami kasih obat semua, dan hari ini mulai vaksin. Kemarin yang cukup sehat untuk divaksin ada lima ekor, sisanya bertahap, target kami sih sehari bisa vaksin 20 ekor," kata pendiri RRDC Yogyakarta, Victor Indra Buana, saat dikonfirmasi detikcom melalui sambungan telepon, Rabu (19/5/2021).

Pada awalnya RRDC mengevakuasi 63 ekor anjing dari total 78 ekor yang disita polisi. Sisanya, 15 ekor, tidak dievakuasi karena saat pertama ditemukan sudah dalam kondisi tak bernyawa. Adapun dari 63 ekor anjing itu, terdapat satu ekor yang mati karena infeksi. Anjing-anjing itu ditempatkan di shelter seluas 4.000 meter persegi di Trihanggo, Gamping, Sleman.

"Yang kita evakuasi ada 63, dari jumlah itu satu ekor anjing meninggal karena ada luka di leher yang cukup dalam. Jadi dia dijerat pake kawat, (lukanya) parah itu. Kita sendiri sudah coba menolong, tapi akhirnya sehari setelah di tempat penampungan akhirnya lewat (mati). Jadi sekarang yang masih hidup tinggal 62," ucapnya.

Victor menyebut seluruh anjing yang ia evakuasi itu memiliki banyak luka terbuka di bagian leher. Luka itu menurutnya disebabkan jeratan kawat yang sengaja dipasang oleh pelaku penyelundupan.

"Jadi mereka ini dijerat pake kawat, kalau kawat itu kan dia ngiris daging, ya dan otomatis anjing tidak bisa bergerak, kalau gerak tentunya luka tambah dalem. Akhirnya sekarang kita lagi kasih antibiotik sama obati luka mereka, beberapa sudah cukup sehat dan hari ini bisa dapat vaksin," jelasnya.

Selain luka di leher, Victor juga mendapati seekor anjing dalam kondisi satu kakinya putus. Pada saat evakuasi bekas luka di kaki anjing itu terlihat baru, dan seperti bekas tebasan. Tetapi sekarang luka sudah mengering dan oleh pihaknya anjing itu sudah mendapat pengobatan.

"Saat evakuasi kami juga mendapati 3 ekor anjing terdeteksi hamil, sehingga belum bisa divaksin," ucapnya.

Victor menyebut mayoritas anjing yang ia evakuasi dari kasus penyelundupan ini masuk kategori jinak. Artinya anjing itu mau berinteraksi dengan manusia. Hanya ada sekitar 6 ekor yang hingga saat ini masih enggan berinteraksi, dan selalu menjauh saat didekati.

"Ada beberapa yang masih super galak, kemungkinan trauma sama manusia jadi mau tak mau yang ini kita tinggal dulu untuk vaksinasinya. Kita ambil keputusan ini karena ya ga boleh ambil risiko karena kita kan tidak tau ya mereka bebas penyakit seperti misalnya rabies atau tidak," ucapnya.

"Menurut saya sisanya itu bukan anjing liar, melainkan peliharaan. Jadi kalau kita datang itu mereka minta gendong, berkerumun gitu lho," imbuhnya.

Tak lama setelah RRDC Yogyakarta mengevakuasi anjing hasil sitaan itu, banyak donatur berdatangan. Mereka yang berasal dari seluruh Indonesia bahkan mancanegara itu memberikan pelbagai bantuan baik uang maupun makanan anjing.

Hingga berita ini ditulis, donasi yang terkumpul telah mencapai Rp 63 juta dan tambahan 150 US dollar atau sekitar Rp 2,1 juta. Adapun uang ini akan digunakan untuk membangun shelter baru bagi 62 anjing tersebut.

Sementara bantuan makanan anjing yang masuk hingga hari ini sudah mencapai 1,2 ton. Makanan itu khusus diberikan kepada 62 anjing evakuasi. Adapun dalam sehari puluhan anjing itu bisa menghabiskan sekitar 20 kg.

"Satu sak (makanan anjing) itu habis dalam sehari, dan itu di luar anjing pribadi saya ya, hanya untuk yang 62 anjing evakuasi aja," jelasnya.

Selengkapnya di halaman selanjutnya...

Lihat juga Video: Intip Shelter Anjing Milik Wanita Bercadar yang Sempat Digeruduk Warga

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2