Muncul Klaster Bukber di Kampung Jokowi, Gibran Minta Maaf-Akui Kecolongan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 14:20 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka usai memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Balai Kota Solo, Minggu (2/5/2021).
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Kemunculan klaster COVID-19 sekampung di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, yang berada dalam satu kelurahan yang sama dengan rumah Presiden Joko Widodo (Jokowi) diduga berawal dari acara buka bersama. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meminta maaf dan mengakui telah kecolongan.

"Saya mohon maaf kemarin kecolongan yang di Sumber. Semoga tidak terulang lagi," kata Gibran di Balai Kota Solo, Rabu (19/5/2021).

Gibran mengaku sejak awal telah mengingatkan warganya untuk menahan diri. Dia mengimbau agar masyarakat buka bersama di rumah masing-masing bersama keluarga.

"Saya mohon ke warga ditahan dulu halalbihalal dan silaturahmi. Kita belajar dari (Kelurahan) Sumber itu," ujarnya.

Untuk diketahui, klaster di kampung tersebut diduga berawal dari warga yang mengikuti buka bersama hingga bertambah menjadi 7 orang sekeluarga. Setelah dilacak hingga hari ini, total ada 41 orang yang positif COVID-19.

Gibran mengatakan saat ini pihaknya memperluas pelacakan hingga ke area di sekitar lokasi tersebut. Dia yakin dengan memperbanyak testing maka kasus COVID-19 akan bisa dikendalikan.

"Ini testing kita perluas ke sekitar wilayah situ. Saya yakin ini bisa dikendalikan, tenang saja," kata Gibran.

Testing menurutnya juga dilakukan di tempat-tempat umum secara acak. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi adanya penambahan kasus COVID-19 akibat keramaian di masa lebaran kemarin.

"Makanya kemarin tempat-tempat keramaian, di Klitikan, Depok, kita testing juga. Alhamdulillah negatif semua. Kita random testing. Kita perbanyak testing, kita pastikan tidak ada lonjakan," pungkasnya.

Lihat Video: PMI Sigap Antisipasi Lonjakan Kasus Corona Usai Lebaran

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)