56 Jemaah dan Imam Salat Tarawih Masjid di Pati Ini Positif Corona

Arif Syaefudin - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 19:18 WIB
Bupati Pati Haryanto, Sabtu (8/5/2021).
Bupati Pati Haryanto, Sabtu (8/5/2021). (Arif Syaefudin/detikcom)
Pati -

Sebanyak 56 jemaah salat tarawih di Masjid Al Istiqomah Perum RSS Sidokerto, Kecamatan Pati kota, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. Hingga akhirnya wilayah kampung tempat masjid itu berada kini lockdown sementara.

"Ini ada di masjid Sidokerto Berkaitan dengan tarawih. Karena ada satu orang yang positif, kebetulan dia yang mengimami di sana, karena masjidnya ber-AC, lalu menularkan kepada jemaah," kata Bupati Pati Haryanto kepada wartawan, Sabtu (8/5/2021).

"Jadi kemarin ada 21, kemudian ada penambahan 26, dan ada lagi sebanyak 9, total 56," lanjut dia.

Warga perumahan sekitar masjid itu telah menjalani tes swab PCR. Selain itu, sejumlah rukun tetangga (RT) Perumahan RSS Sidokerto juga disterilisasi.

Tidak hanya itu, akses keluar-masuk Perumahan RSS Sidokerto pun ditutup selama 14 hari mulai kemarin hingga 21 Mei 2021.

"Kalau Sidokerto itu, di masjidnya berkenaan dengan tarawih. Bukan pemudik, tapi tarawih. Sudah kita tracing 2-3 rukun tetangga (RT). Sudah kita evakuasi di RS, ada pula yang di rumah. Tiga hari kemarin sudah kita tutup, ini ditambah tiga hari lagi penutupan masjidnya," terangnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, Martinus Budi Prasetya, mengatakan saat ini ada sebanyak 56 orang yang terkonfirmasi positif di perumahan tersebut.

"Hari ini 200-an warga di-rapid test antigen di tiga RT sekitar masjid. Satu RT di luar perumahan RSS dan dua di perumahan RSS," imbuhnya.

(sip/sip)