Kapal Sandar di Pelabuhan Juwana Pati Terbakar

Arif Syaefudin - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 21:52 WIB
Sebuah kapal yang sedang bersandar di pos pelabuhan Juwana II, Pati, terbakar, Senin (3/5/2021).
Sebuah kapal yang sedang bersandar di pos pelabuhan Juwana II, Pati, terbakar, Senin (3/5/2021). Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Pati -

Sebuah kapal yang sedang bersandar di pos pelabuhan Juwana II, Desa Pajeksan, Kecamatan Juwana, Pati, terbakar malam ini. Kapal tersebut yakni kapal motor (KM) Asia Makmur Rejeki 05 milik Suwito.

Api diketahui pertama kali mulai membakar kapal sekitar pukul 18.30 WIB. Api yang dengan cepat membakar bagian kapal tersebut cukup membuat warga panik. Sebab, di lokasi yang sama sedang banyak kapal yang bersandar.

Kasatpolair Pati, Iptu Sutamto, mengatakan beruntung petugas pemadam kebakaran dapat segera menangani insiden tersebut. Sehingga api bisa segera dijinakkan.

"Sekitar pukul 17.30 WIB di sekitar TKP ada asap yang berasal dari tempat sampah yang berada di sekitar kapal tersebut. Kemudian api tersebut membesar lalu memberitahukan kepada tim terpadu Kemaratiman Juwana," kata Sutamto kepada wartawan di lokasi kejadian, Senin (3/5/2021) malam.

Dia menyebut, ada sebanyak 5 unit armada pemadam kebakaran yang diterjunkan untuk menetralisir api. Hingga berita ini ditulis, sejumlah petugas masih bersiaga di lokasi untuk mendinginkan titik api.

"5 unit pemadam kebakaran dari Pemda Pati tiba di TKP lalu tim terpadu Kemaritiman Juwana, dengan tim pemadam kebakaran bersama-sama memadamkan api," ujarnya.

"Tidak ada korban jiwa dalam insiden. Kerugian materiil sekitar Rp 50 juta, di antaranya kayu berukuran 30 x 20 cm, panjang 10 meter 6 buah. Mesin genset satu buah. Fiber lambung depan kaman kapal hangus terbakar," pungkasnya.

Simak juga 'Detik-detik Kapal Pencuri Ikan Berusaha Kabur Dikejar Kapal KKP':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)