Terpopuler Sepekan

Masjid Jogokariyan Galang Dana Beli Kapal Selam Pengganti KRI Nanggala-402

Heri Susanto - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 09:27 WIB
Infografis teladan dari Jogokarian
Masjid Jogokariyan, Yogyakarta. (Foto: Infografis: Zaki Alfaraby/detikcom)
Yogyakarta -

Masjid Jogokariyan, Yogyakarta, menggalang dana untuk beli kapal selam pengganti KRI Nanggala-402. Selama tiga hari sejak Senin (26/4) sampai Kamis (29/4) sore, penggalangan dana telah mencapai sekitar Rp 1 miliar.

"Alhamdulillah, sampai sore asar ini, sudah tembus Rp 1 miliar," kata Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan Muhammad Jazir Asp saat dihubungi detikcom, Kamis (29/4/2021).

Jazir menjelaskan donatur tersebut berasal dari masyarakat biasa. Tidak ada sosok atau figur yang memiliki profil pejabat atau konglomerat.

"Masyarakat biasa seperti kita. Yang konfirmasi seperti TKW, karyawan swasta, banyak dari berbagai latar belakang," ujarnya.

Ia mengatakan penggalangan dana untuk membeli kapal selam ini masih sesuai rencana semula. Sebulan ke depan akan dilakukan evaluasi terhadap proses perjalanannya.

"Makanya kami menggandeng Dinas Sosial dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Agar prosesnya transparan dan bisa dipertanggungjawabkan secara publik," katanya.

Jazir menegaskan penggalangan dana untuk membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala-402 ini serius. Sama saat dahulu rakyat Aceh iuran membeli pesawat dan memberi emas untuk Monas. Saat ini, Masjid Jogokariyan bekerja sama dengan semua pihak agar pembelian kapal selam bisa terealisasi.

"Kami sudah berkoordinasi dengan TNI AL. Jadi nanti uang yang terkumpul kami serahkan kepada TNI AL. Biar dilanjutkan apakah akan ditambah anggaran dari APBN atau bagaimana," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, ustaz Abdul Somad atau UAS mengajak masyarakat patungan membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala-402, yang tenggelam di perairan Bali.

Hal itu diumumkan UAS di akun Instagram resminya, ustadzabdulsomad_official, seperti dilihat detikcom pada Senin (26/4). UAS mengunggah foto KRI Nanggala-402 dan menyertakan berisi ajakan donasi itu.

UAS mengajak seluruh warga Indonesia memberikan sumbangsih untuk membangun kekuatan militer laut. Dia juga menyertakan nomor rekening yang digunakan untuk menampung donasi tersebut.

"Setelah KRI Nanggala 402 beserta seluruh awaknya yang gugur syahid menjalani 'Eternal Patrol', mari kita seluruh rakyat Indonesia, bahu-membahu mengulurkan tangan dan sumbangsih membangun kekuatan armada laut kita agar kembali berjaya. Kami dari Masjid Jogokariyan, mengajak seluruh putra-putri Indonesia yang berjiwa patriot dan cinta negeri ini, beramal bersama dalam Open Donasi Patungan Penggalangan Dana Pembelian Kapal Selam Pengganti Nanggala 402," ucap UAS.

"No Rekening Khusus Pengadaan Kapal Selam BSM/BSI no.rek 7202002298 atas nama Masjid Jogokariyan. Konfirmasi via WhatsApp ke: 081311351136," tulis UAS.

(rih/rih)