PAN DIY Sebut Amien Rais Sang Panutan, Sinyal Gabung ke Partai Ummat?

Heri Susanto - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 15:48 WIB
TP3 6 Laskar FPI bertemu Fraksi PAN DPR
Ilustrasi PAN. Foto: Farih Maulana Sidik/detikcom
Yogyakarta -

Amien Rais telah mendeklarasikan Partai Ummat di Yogyakarta, Kamis (29/4) kemarin. PAN Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut Amien Rais adalah sosok panutan bagi mereka.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN DIY Suharwanta tak menampik sosok Amien Rais begitu melekat di PAN DIY. Apalagi putra sulungnya, Ahmad Hanafi Rais, sempat maju dua kali dari PAN Daerah Pemilihan (Dapil) DIY.

"Dulu memang Pak Amien Rais panutan kami, setelah beliau mendirikan partai, tetap kami yakin teman-teman kader tetap setia di PAN. Adanya Partai Ummat juga tidak menggerus suara," kata Harwanta, sapaan akrabnya, Jumat (30/4/2021).

Sampai saat ini, lanjut Harwanta, tidak ada satupun pengurus yang pindah ke Partai Ummat. Dua anak Amien Rais, Hanum Salsabila Rais dan Baihaqy Rais, disebutnya masih setia di PAN.

"Saat ini Mbak Hanum dan Mas Haqy masih aktif di Fraksi PAN," katanya.

"Kami anggap hal itu wajar sebagai bagian dari dinamika yang biasa terjadi. Sebagaimana juga terjadi bergabungnya eks pengurus partai lain yang masuk jajaran pengurus PAN," imbuhnya.

Ia menegaskan, konsolidasi PAN DIY berjalan dengan baik. Konsolidasi internal kepengurusan dari DPW (provinsi), DPD (kabupaten/kota), DPC (kecamatan) maupun DPRt (kalurahan) berjalan dengan baik. Konsolidasi di tingkat konstituen massa PAN juga berjalan dengan baik dan konsisten.

"Kami tetap optimis akan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat sehingga akan berimplikasi kepada peningkatan perolehan suara Pemilu 2024," katanya.

Sementara itu, mengenai sikap Hanum dan Baihaqy, sampai berita ini ditulis tak bersedia merepons. Baik pesan singkat tertulis maupun telepon, Hanum dan Baihaqy tak merespons.

(rih/mbr)