Kawah Sileri Dieng Erupsi, Warga dan Pengunjung Dilarang Mendekat

Uje Hartono - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 09:40 WIB
Penampakan Dieng dampak erupsi kawah Sileri, 29/4/2021 kemarin
Kawah Silleri pasca erupsi (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Pasca erupsi di Kawah Sileri di dataran tinggi Dieng, warga dan pengunjung diminta untuk tidak mendekat. Hingga saat ini, Pos Pengamatan Gunung Api Dieng menyebut, titik aman berada di 500 meter dari bibir kawah.

"Untuk titik aman berada di 500 meter dari bibir kawah. Jadi warga sebaiknya jangan mendekat dulu ke lokasi kawah. Karena bisa saja ada susulan," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Surip saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (30/4/2021).

Namun demikian, ia mengimbau agar warga tidak perlu khawatir. Surip juga mengatakan, terjadinya erupsi Kawah Sileri tidak berkaitan dengan aktivitas kawah lainnya. Seperti kawah Sinila, Kawah Sikidang dan Kawah Candradimuka.

"Adanya erupsi di Kawah Sileri di Desa Kepakisan ini tidak terkait dengan kawah lainnya yang berada di dataran tinggi Dieng. Jadi warga tidak perlu khawatir. Hanya tetap jangan mendekat dulu ke area Kawah Sileri," ujarnya.

Kapolsek Batur, Polres Banjarnegara AKP Agung Setyawan mengatakan, pihaknya menempatkan sejumlah personil untuk menjaga di sekitar lokasi Kawah Sileri. Pasalnya, ditemukan warga yang datang untuk menonton kondisi kawah Sileri pasca erupsi.

"Kami tempatkan ada 6 personel untuk mengingatkan warga agar tidak mendekat dulu. Termasuk untuk mengatur lalu-lintas karena jalan Banjarnegara-Batang vita Bitingan sementara ditutup," jelasnya.

Simak video 'Aktivitas Merapi Fluktuatif, BPPTKG Ungkap Pertumbuhan 2 Kubah Lava':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)