Detik-detik Pelaku Pembunuhan Berantai Habisi Korban di Kulon Progo

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 13:28 WIB
Rekonstruksi lanjutan pembunuhan berantai dua wanita di Kulon Progo, Rabu (28/4/2021).
Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom
Kulon Progo -

Setelah sempat tertunda, rekonstruksi kasus pembunuhan berantai di Kulon Progo dengan tersangka NAF (22), kembali digelar hari ini. Reka ulang ini menunjukkan detik-detik pelaku menghabisi nyawa korban pertamanya, Dessy Sri Diantary (22) di Wisma Sermo Asri, Pengasih, Kulon Progo.

Wisma Sermo Asri menjadi saksi bisu aksi pria asal Tawangsari, Pengasih tersebut saat membunuh Dessy pada Selasa (23/3) lalu. "Di sini ada 42 adegan, ditambah yang kemarin di Wates ada 11 adegan jadi total keseluruhan menjadi 53 adegan," kata Kasat Reskrim Polres Kulon Progo, AKP Munarso, kepada wartawan usai rekonstruksi, Rabu (28/4/2021).

Ke-42 adegan itu diperagakan langsung oleh NAF dengan penjagaan ketat dari personel kepolisian. Adegan diawali dengan kedatangan tersangka dan Dessy mengendarai sepeda motor milik Dessy di depan Wisma Dermo Asri. Di situ keduanya sempat duduk sejenak di teras depan wisma, selanjutnya pindah ke sisi selatan bangunan yang lebih tertutup.

Di tempat itu NAF memberikan minuman bersoda yang sebelumnya telah dicampur obat sakit kepala kepada Dessy. Mereka selanjutnya mengobrol, dan sampai ke pembahasan utang piutang. Dalam rekontruksi ini diketahui bahwa korban berutang Rp450 ribu milik NAF, dan NAF berupaya menagihnya. Namun korban tidak terima dan terjadi cekcok hingga timbul aksi saling dorong.

"Aksi saling dorong terjadi, korban yang sudah terpengaruh minuman bersoda yang sudah dicampur obat tidak berdaya, akibatnya saat tersangka mendorong balik, kepala korban terbentur tembok dan jatuh ke lantai," ujar Munarso.

"Hal itu menyebabkan korban meninggal dunia, yang berdasarkan hasil forensik diketahui bahwa ada pendarahan di kepala bagian belakang korban," sambungnya.

Mengetahui korban sudah tak berdaya, tersangka kemudian kabur dengan membawa sepeda motor korban untuk dijual kepada penadah di wilayah Magelang, Jawa Tengah.

Selanjutnya tentang rekonstruksi yang sudah berlangsung sebelumnya...

Tonton juga Video: Eksklusif! Pengakuan Rian si Pelaku Pembunuhan Berantai di Bogor

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2