Round-Up

Kejaksaan Siapkan Eksekusi Mati Jagal Yulianto, Keluarga Sudah Ikhlas

Ari Purnomo - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 08:33 WIB
Ilustrasi Penjara, Sel, Lapas, Jeruji Besi
(Foto: Ilustrasi/Thinkstock)
Sukoharjo -

Perjalanan hidup Yulianto akan segera berakhir seiring Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan peninjauan kembali (PK). Dia akan segera dieksekusi mati dan keluarga juga sudah mengikhlaskannya.

Tukang pijat dari Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah yang menjadi pelaku pembunuhan berantai 7 korban itu akan dieksekusi mati oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo.

Kapan dan di mana eksekusi akan dilakukan? Untuk pelaksanaan eksekusi, Kejari akan melakukan beberapa tahapan dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

"Kami intinya sebagai jaksa penuntut umum termasuk tugas kami mengeksekusi. Setelah kami siap, lapor Kejagung. Dan persiapannya tidak sesederhana yang kita bayangkan," kata Kepala Kejari Sukoharjo, Tatang Agus Volleyantono, saat dihubungi detikcom, Kamis (15/4).

Mengenai waktu pelaksanaan eksekusi dan lokasinya apakah di Nusakambangan atau tempat lain, Tatang, belum dapat memastikannya.

"Belum bisa mengatakan kapan dilaksanakan, tapi mengarah ke situ dan pastinya akan kita siapkan. Sekarang yang bersangkutan di Lapas Nusakambangan. Nanti apakah mesti di sana atau di tempat lain belum tahu," urainya.

Tatang juga mengatakan, saat proses persiapan eksekusi tidak menutup kemungkinan terpidana Yulianto mengajukan grasi atau pengampunan dari Presiden.

"Kadang masih ada yang mengajukan lagi (grasi). Kalau menginginkan ya kita akomodir," ujarnya.

Sementara itu, menanggapi vonis mati ini pihak keluarga Yulianto mengaku menerima dengan ikhlas.

"Sudah pas itu, sesuai (dengan perilakunya) Yulianto," kata Sri Sadiman selaku kakak ipar Yulianto saat dihubungi detikcom, Kamis (15/4/2021).

Suami dari Waliyani yang tidak lain kakak kandung Yulianto itu menambahkan, dari pihak keluarga sudah pasrah.

"Waliyani, kakak kandung Yulianto sudah mengikhlaskan semua. Ketingale (kelihatannya) dari keluarga sudah ikhlas. Keluarga lain juga sudah ikhlas," ucapnya.


Selanjutnya: Tak akan dijenguk jelang eksekusi

Tonton juga Video: Pembunuh Berantai Habisi 2 Wanita di Bogor Ditangkap, Ini Motifnya

[Gambas:Video 20detik]