Terpopuler Sepekan

Densus Geledah Kantor 'LSM Kemanusiaan' Syam Organizer di Yogya

Heri Susanto - detikNews
Minggu, 11 Apr 2021 09:46 WIB
Kantor Syam Organizer Yogyakarta digeledah Densus 88 pada Minggu (5/4/2021).
Kantor Syam Organizer Yogyakarta digeledah Densus 88 pada Minggu (4/4/2021). Foto: Heri Susanto/detikcom
Yogyakarta -

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menggeledah kantor Syam Organizer, di Jalan Suryodiningratan No 605, Kumendaman, Kemantren Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Minggu (4/4) lalu. Dari penggeledahan, Densus menyita dokumen, komputer, laptop, kotak infak hingga mobil.

Ketua RT setempat, Setyo Karjono, menyebut penggeledahan itu berlangsung mulai pukul 13.30-18.00 WIB. Selama penggeledahan itu sepanjang ruas Jalan Suryodiningratan ditutup selama sekitar lima jam.

"Mereka periksa dengan teliti. Ada dokumen, komputer, laptop sama semacam kaleng (kotak infak), satu truk penuh," kata Setyo saat ditemui di lokasi, Minggu (4/4/2021).

Setyo menerangkan sejak awal mula penggeledahan pihaknya didatangi Densus 88 untuk menjadi saksi. Tak hanya Setyo, ada juga seorang perwakilan dari warga yang diminta menjadi saksi.

"Dua orang saya dan warga tetangga (yang menjadi saksi penggeledahan)," terang Setyo.

Sementara itu, Ketua RW 08, Kumendaman, Muji Raharjo, mengatakan pengelola kantor tersebut saat mengurus izin domisili 14 Agustus 2018 lalu, memperkenalkan sebagai LSM kemanusiaan. Tak ada yang mencurigakan saat awal pertemuan itu.

"Saat itu bilangnya untuk kantor LSM kemanusiaan," kata Muji ditemui di rumahnya, Senin (5/4).

Dari penelusuran, Syam Organizer yang mengatasnamakan LSM kemanusiaan, tak terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag) DIY sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang bertugas mengumpulkan zakat, sedekah, infak, maupun menyalurkannya.

Kepala Seksi Pemberdayaan Zakat Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag DIY Misbachrudin memastikan tak ada nama Syam Organizer sebagai LAZ di DIY.

"Di kami tidak ada nama itu. Baik yang sudah mengantongi izin sebagai LAZ maupun baru proses," kata Misbachrudin saat dihubungi, Senin (5/4).

Dari informasi yang tertera di website syamorganizer.org, lembaga ini mengantongi penetapan dari Kementerian Hukum dan HAM Yayasan Amal Syam Abadi dari notaria Sri Handayani, SH. Mkn No. 34 tanggal qr September 2017. Sedangkan dari Kementrian Hukum dan HAM AHU-AH.01.06-0006744 tahun 2017.

Tapi sejak mengantongi izin badan hukum, Syam Organizer tidak pernah mengurus izin ke Kementerian Agama. Masyarakat pun tidak ada yang melaporkan akan adanya lembaga penghimpun dan penyalur dana kemanusiaan ini.

"Saya baru dengar ada lembaga itu," katanya.

Selengkapnya di halaman selanjutnya...

Selanjutnya
Halaman
1 2