Gempa Malang M 6,1 Terasa Hingga Klaten, Warga Panik Berhamburan

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 16:45 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Foto: Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Klaten -

Gempa bumi yang mengguncang Malang, Jawa Timur dirasakan sampai wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tenhah. Warga bahkan sempat panik berhamburan keluar rumah.

"Warga sempat keluar rumah sebentar. Kejadiannya sekitar pukul 14.00 WIB saya pas istirahat di rumah," ungkap Kades Pakisan, Kecamatan Cawas, Santosa, kepada detikcom, Sabtu (10/4/2021).

Guncangan gempa, kata Santosa, cukup terasa sebab wilayahnya paling tenggara di Klaten berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo. Warga keluar rumah karena trauma dengan gempa 2006.

"Mungkin warga trauma gempa 2006. Dulu di sini banyak yang rusak," lanjut Santosa.

Untuk gempa kali ini, ucap Santosa merupakan gempa yang paling dirasa kuat dibandingkan sebelumnya. Tapi tidak ada dampaknya.

"Sejak gempa 2006, mungkin ini yang paling terasa. Tapi sejauh ini tidak ada laporan dampaknya meskipun terasa cukup lama," imbuh Santosa.

Keterangan serupa disampaikan Kades Sengon, Kecamatan Prambanan, Agus Sumaryono. Agus mengatakan gempa terasa di desanya yang ada di ujung barat berbatasan dengan DIY.

"Cukup terasa tapi tidak sampai panik warga. Warga hanya bilang ada gempa, tapi tidak keluar rumah," jelas Agus pada detikcom.

Menurut Agus, gempa tidak begitu terasa. Berbeda dengan gempa sebelumnya yang terasa.

"Tidak begitu terasa, dibanding sebelumnya ini tidak terlalu kuat tapi ya terasa cukup lama," lanjut Agus.

Di Kecamatan Delanggu, warga juga merasa gempa. Tetapi tidak terlalu besar dan tidak membuat panik warga.

"Ya terasa saat saya duduk. Tapi tidak sampai warga keluar rumah, tapi hampir semua merasakan," ungkap Erma pada detikcom.

Kepala Pelaksana BPBD Pemkab Klaten, Sip Anwar mengatakan tidak ada laporan korban dan kerusakan. Namun BPBD Klaten masih terus memantau.

"Tidak ada laporan sampai saat ini. Termasuk kerusakan tidak ada laporan," kata Sip Anwar pada detikcom.

Lihat Video: Penampakan Rumah-rumah Hancur di Malang Akibat Gempa M 6,1

[Gambas:Video 20detik]



(sip/sip)