Gempa Malang M 6,1 Bikin Pengunjung Mal di Solo Panik

Ari Purnomo - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 16:28 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Foto: Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Solo -

Gempa bumi magnitudo (M) 6,1 yang mengguncang barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur juga dirasakan sampai di Kota Solo, Jawa Tengah. Bahkan, pengunjung di sejumlah mal di Solo sempat panik saat gempa terjadi.

Chief Marketing Communication (Marcom) Solo Paragon Mal Veronica Lahji membenarkan kondisi tersebut. Hanya saja situasi saat terjadi gempa masih terkendali dan tidak terjadi kepanikan berlebihan dari pengunjung.

"Iya tadi gempa terasa sebentar, pengunjung ada yang panik. Tapi kalau sampai berhamburan tidak kayaknya," kata Vero saat dihubungi detikcom, Sabtu (10/4/2021).

Menurutnya, jika ada pengunjung yang memang berusaha untuk turun dan keluar dari mal saat gempa terjadi.

"Tetapi kepanikan itu wajar, ada yang turun tetapi ada juga yang masih stay (tetap) di dalam mal," urainya.

Ditanya mengenai kondisi bangunan mal sendiri pascagempa terjadi, Vero mengatakan, kondisinya masih aman dan sepertinya tidak ada kerusakan yang terjadi.

"Dari laporan tidak ada kerusakan," ungkap Vero.

Hal yang sama disampaikan oleh Commercial GM Solo Square Ninik Husniati.

Ninik mengatakan, kepanikan pengunjung memang ada tetapi masih sebatas wajar dan tidak sampai yang berdesakan atau berhamburan keluar mal.

"Tidak ada apa-apa, memang kerasa mungkin juga ada pengunjung yang panik dan turun atau keluar cuman tidak sampai berhamburan," katanya.

Ada juga pengunjung, lanjutnya, yang masih tetap berada di mal meski gempa sempat terjadi.

Diberitakan sebelumnya, episenter atau pusat gempa magnitudo 6,1 ini terletak pada koordinat 8,83 Lintang Selatan dan 112,5 Bujur Timur atau pada jarak 96 km arah selatan dari Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kedalaman pusat gempa adalah 80 km. Guncangan ini terasa hingga Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Lihat Video: Gempa M 6,7 Guncang Malang, Netizen Kirim Doa

[Gambas:Video 20detik]




(sip/sip)