Gempa M 6,7 Malang Terasa di Gunungkidul, Warga: Kerasa Huyug-huyug

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 14:52 WIB
Gunungkidul -

Gempa bumi berkekuatan magnitudo (m) 6,7 terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gempa ini terasa hingga Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Warga Pedukuhan Nogosari III, Kalurahan Bandung, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul Sunardi Wira (29) mengaku sempat merasakan getaran gempa yang berpusat di Malang. Menurutnya, kejadian itu berlangsung cepat.

"Jadi saya posisi di tempat kerja tapi di luar ruangan, terus terasa huyug-huyug (lantai bergetar). Awalnya terasa sekali dan setelah itu agak terasa dan hilang getarannya," katanya kepada detikcom, Sabtu (10/4/2021).

"Kalau berapa lama ya hanya berlangsung 7 sampai 10 detik saja. Tapi ya itu awalnya terasa sekali," imbuh Wira.

Bahkan, pria yang bekerja di PDAM ini menyebut jika air yang berada di sebuah tampungan berukuran besar ikut bergerak. Tak hanya itu, pepohonan di dekat tempat kerjanya tampak bergerak-gerak bukan karena angin.

"Pohon-pohon juga terlihat bergerak-gerak tadi," katanya.

Sementara itu, Warga Kalurahan Kepek, Kapanewon Wonosari Yuli Eko S. (57) mengaku juga merasakan gempa. Bahkan dia sampai terbangun karena getaran gempa tersebut.

"Jadi tadi itu saya tidur di sofa dan kursinya kok bergetar. Terus saya bangun dan bilang astagfirullah gempa, gempa dan tetangga juga ada yang teriak gempa-gempa gitu," ucapnya.

Saat kejadian itu, dia mengaku tidak sempat keluar rumah. Pasalnya getaran tersebut hanya berlangsung sebentar.

"Kalau terasa getaran gempanya tidak lama ya, hanya beberapa detik dan saya tidak sampai keluar rumah," ujarnya.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo (m) 6,7 terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gempa ini tidak menimbulkan potensi tsunami.

Dalam keterangan tertulisnya, BMKG melaporkan gempa tersebut terjadi pada pukul 14.00 WIB siang tadi. Titik koordinat gempa terjadi pada 8,95 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur.

Episenter gempa berada di laut dengan jarak 90 km dari arah barat daya Kabupaten Malang. Gempa memiliki kedalaman 25 km.

Belum diketahui ada atau tidaknya dampak dari gempa ini. Begitu juga dengan korban jiwa.

(sip/sip)