Masjid Jogokariyan Wajibkan Jemaah Luar Daerah Tes GeNose Selama Ramadhan

Heri Susanto - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 12:21 WIB
Masjid Jogokariyan Yogyakarta wajibkan jemaah luar daerah tes GeNose selama Ramadhan, Kamis (8/4/2021).
Masjid Jogokariyan Yogyakarta wajibkan jemaah luar daerah tes GeNose selama Ramadhan, Kamis (8/4/2021). (Foto: Heri Susanto/detikcom)
Yogyakarta -

Masjid Jogokariyan Yogyakarta akan tetap membuka pintu bagi jemaah yang berasal dari luar daerah selama Ramadhan. Namun ada syarat yang harus dipenuhi jemaah dari luar kota yakni harus melaksanakan tes GeNose yang sudah disediakan pihak masjid.

"Kan tidak mungkin kami tolak. Ya, syaratnya mereka harus mau tes GeNose ini. Bayar dengan infak minimal," ujar Takmir Masjid Jogokaryan Gitta Welly Ariadi, kepada detikcom, Kamis (8/4/2021).

Infak minimal yang dimaksud sebesar Rp 35 ribu. Gitta mengatakan Masjid Jogokariyan Yogyakarta sudah menjadi salah satu destinasi wisata religi, sehingga ada banyak jemaah dari luar daerah yang datang selama Ramadhan.

Nantinya, tak hanya jemaah tapi juga para penceramah akan dites GeNose terlebih dahulu.

"Tahun ini penceramah dari luar belum ada. Tapi, biasanya jika mereka berkunjung ke Yogyakarta pasti mampir ke sini. Ya mereka harus tes GeNose terlebih dahulu. Baru bisa mengisi ceramah," katanya.

Masjid yang memiliki prinsip saldo infak Rp 0 demi menyejahterakan jemaah dan warga sekitar ini, juga sempat menggelar tes Corona beberapa waktu lalu.

"Ya belajar dari kasus kemarin (adanya tujuh jamaah positif). Kami berlakukan lebih ketat prokes," lanjut dia.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan, Ustaz Muhammad Jazir, mengatakan sebenarnya takmir masjid sudah lama merencanakan untuk membeli GeNose. Namun baru terealisasi setelah mengantre selama 3 bulan.

Dia mengungkap pertimbangannya menyediakan GeNose di Masjid Jogokariyan yakni karena biaya yang murah sehingga bisa mencakup lebih banyak orang.

"Nah, alhamdulillah kita sudah dapat pesanan kita dan mulai tanggal 26 Maret kemarin sudah bisa kita mulai pelayanan dan ini hari kedua. Sudah banyak masyarakat, para tamu melakukan tes GeNose di sini," kata Jazir, Sabtu (27/3).

Simak juga 'Saat 35 Warga Jogokariyan Yogyakarta Terkonfirmasi Positif Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)