Puting Beliung Terjang Taman Reptil Sanggaluri Park Purbalingga

Vandi Romadhon - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 19:02 WIB
Angin puting beliung menerjang kawasan taman reptil Sanggaluri Park, Kabupaten Purbalingga, Selasa (6/4/2021).
Angin puting beliung menerjang kawasan taman reptil Sanggaluri Park, Kabupaten Purbalingga, Selasa (6/4/2021) sore. (Foto: Vandi Romadhon/detikcom)
Purbalingga - Angin puting beliung menerjang kawasan taman reptil Sanggaluri Park, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Kejadian terjadi saat hujan lebat yang mengguyur wilayah Purbalingga.

"Injih, betul angin puting beliung sekitar pukul 15.46 WIB di Sanggaluri Park dan sekitar area situ juga," kata Manager Sanggaluri Park, Budi Anggoro, saat dihubungi detikcom, Selasa (6/4/2021).

Akibat kejadian itu bangunan dan atap gedung ambruk serta pohon di sekitar lokasi roboh. Belum diketahui berapa kerugian material dari kejadian itu sampai saat ini pihak pengelola masih sedang dalam upaya menghitung.

"Kerugian belum kami hitung, besok rencana, karena tadi terkendala cuaca namun kami pastikan tidak ada korban jiwa," jelasnya.

Angin puting beliung menerjang kawasan taman reptil Sanggaluri Park, Kabupaten Purbalingga, Selasa (6/4/2021).Angin puting beliung menerjang kawasan taman reptil Sanggaluri Park, Kabupaten Purbalingga, Selasa (6/4/2021). (Foto: Vandi Romadhon/detikcom)

Untuk kondisi hewan dan reptil yang ada di area taman, Budi menjelaskan tidak terdampak dan semua dalam kondisi aman.

"Reptil masih aman semua karena posisi di kandang semua. Alhamdulillah tidak hancur dan masih aman," terangnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Purbalingga, Umar Fauzi, mengaku sudah menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan dan pendataan di lokasi kejadian. Namun sampai saat ini belum ada laporan yang diterima terkait kerugian dan kondisi terbaru.

"Belum ada laporan, nanti ada dan akan kami informasikan karena tim BPBD sudah di lapangan," kata Umar melalui pesan singkat. (rih/sip)