Waduh! Minibus Ini Nyasar Sampai Puncak Makam Sunan Muria Kudus

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 13:19 WIB
dok. tangkapan layar viral minibus nyasar di puncak makam Sunan Muria Kudus
Foto: dok tangkapan layar viral minibus nyasar di puncak makam Sunan Muria Kudus
Kudus - Satu unit minibus nyasar hingga puncak Makam Sunan Muria, Kudus, Jawa Tengah. Kejadian tersebut terbilang langka terjadi karena jalan menuju makam terbilang curam dan ekstrem.

Rekaman video minibus nyasar tersebut ramai di media sosial. Salah satunya diunggah di akun medsos Instagram @kudusviral. Pada unggahan itu dituliskan minibus tersesat.

"Kudus-hari Senin tanggal 5 April 2021 malam sebuah minibus berjenis Elf tersesat sampai ke puncak Makam Sunan Muria. Diduga mobil dari luar daerah belum terbiasa ke Makam Muria. Mobil seharusnya parkir di bawah area parkir Sunan Muria tampak kebingungan untuk kembali ke zona parkir.

Kejadian ini sempat menghebohkan pedagang yang ada di lokasi sekitar makam. Bisa jadi juga kendaraan tersesat oleh GPS atau share lokasi. Bisa jadi kendaraan tersebut mengantuk sehingga tidak menguasai medan. Tetap pahami jalan jangan sungkan bertanya supaya tidak tersesat nantinya," tulis Instagram @kudusviral seperti dilihat detikcom, Selasa (6/4/2021).

Dalam video yang viral itu menunjukkan ada satu unit minibus berwarna oranye sampai di depan pintu masuk Makam Sunan Muria. Lokasi menuju makam ini dikenal memiliki medan menanjak dan sempit, warga sekitar yang melihat minibus nyasar itu pun tampak kaget.

Video yang diunggah sekitar empat jam lalu itu viral dan sudah ditonton 7.299 kali serta menuai puluhan komentar. Netizen pun menanyakan minibus tersebut sampai ke puncak Makam Sunan Muria.

Untuk diketahui akses jalan menuju ke puncak Makam Sunan Muria itu hanya bisa dilalui satu kendaraan roda empat.

Kemudian medan menuju makam cukup esktrem, karena rutenya menanjak dan menikung.

"Supirnya istimewa, bisa melewati medan yang ekstrim," tulis akun @ahmad-ridwan****.

"Kok bisa sampai ke atas min? Kan itu tinggi banget," tulis akun liiessa_mar****.

"Lo lah jalannya juga sangat sempit low ya. Kok bisa sampai kesitu bagaimana ceritanya ini... Baliknya pun jg pasti susah.. Semoga selamat sampai ke bawah nanti... Amin," tulis akun @kang-ei****.

Dimintai konfirmasi terpisah, Kades Colo, Destari Andryasmoro, membenarkan peristiwa minibus nyasar sampai ke puncak atau pintu masuk ke Makam Sunan Muria tersebut. Peristiwa itu terjadi pada Senin (5/4) pukul 24.00 WIB.

"Beritanya seperti itu, tapi untuk kronologi belum ada informasi, karena kejadiannya malam. Mungkin pas waktu lengang jalan ojek pas sepi, elf tersebut naik langsung," kata Andryas saat dihubungi detikcom lewat telepon, Selasa (6/3/2021).

"Bisa jadi karena Google Map, karena tidak ada yang tanyai itu mobil elf dari mana, rombongan dari mana kita belum dapat informasi yang jelas," lanjutnya.

Andryas menuturkan peristiwa minibus sampai ke puncak makam terbilang langka. Sebab, selama ini para peziarah biasa parkir di Terminal Colo kemudian naik ke atas menggunakan ojek sepeda motor.

"Baru kali ini. Bisanya semua mobil itu parkir di bawah ya, biasanya dibawa. Infonya dari tadi malam, Elf itu dari arah Pati, itu tidak lewat pangkalan ojek, itu langsung lewat Graha Muria," ungkapnya.

Andryas menambahkan kejadian itu terjadi tengah malam, saat pangkalan ojek sedang sepi. Kini minibus tersebut sudah tidak ada lagi di kawasan Makam Sunan Muria.

"Saya juga tidak berani, kok ada Elf naik. Itu kejadian tengah malam, jam 12 (malam) ke atas ojek sepi, kalau pagi subuh mulai ada. Ini mobilnya sudah tidak ada," tandas Andryas.

Simak juga 'Truk Tabrak Minibus yang Terparkir, Satu Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)