Sekolah Tatap Muka di Sragen Mulai 5 April, 71 TK-SMP Simulasi Hari Ini

Andika Tarmy - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 13:23 WIB
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat meninjau pelaksanaan simulasi PTM, Senin (29/3/2021).
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat meninjau pelaksanaan simulasi sekolah tatap muka, Senin (29/3/2021). (Foto: dok Humas Pemkab Sragen)
Sragen -

Sebanyak 71 sekolah dari tingkat TK-SD-SMP di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah menggelar simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) atau sekolah tatap muka, hari ini. Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, optimis seluruh sekolah yang berada di zona hijau di Sragen akan bisa menggelar PTM, pada pekan pertama April 2021.

"Berdasarkan hasil pemantauan simulasi PTM hari ini, secara umum cukup. Kita bisa meneruskan ini. Yang paling penting adalah membangun kesadaran baik itu pihak sekolah maupun peserta didik, dan ini sudah terpola dengan baik," ujar Yuni, sapaan akrabnya, ditemui wartawan saat meninjau pelaksanaan PTM di MTsN 1 Sragen, Senin (29/3/2021).

Meski begitu, lanjutnya, ada beberapa kekurangan yang menurutnya bisa segera diperbaiki oleh pihak sekolah. Beberapa kekurangan tersebut di antaranya kelengkapan fasilitas di beberapa sekolah serta pemberitahuan cara cuci tangan yang benar kepada para peserta didik.

"Pemberitahuan kepada peserta didik untuk membawa bekal sendiri juga perlu ditekankan lagi. Masih ada satu dua yang kurang tapi ini bisa segera kita perbaiki. Secara umum alhamdulilah kita optimis untuk memulai pembelajaran tatap muka," urainya.

Pemantauan serupa juga dilakukan Pemkab Sragen ke total 71 sekolah yang melakukan simulasi PTM hari ini. Pihaknya optimis sekolah-sekolah di Sragen sudah siap untuk memulai PTM.

"Hari ini Pak Sekda (memantau PTM) di Kecamatan Gemolong dan Miri, Pak Wabup di Kecamatan Sidoharjo dan Masaran, sisanya dipantau para Asisten. Melalui WA saya minta laporan, semua jawab Insyaallah siap," tegasnya.

Yuni menyebut, simulasi PTM yang digelar 71 TK-SD-SMP ini akan digelar hingga akhir pekan ini. Pihaknya menarget, sekolah tatap muka siap dilakukan seluruh sekolah di Sragen pada 5 April 2021.

"Simulasi ini sampai akhir pekan ini, tanggal 3 April 2021. Nanti tanggal 5 April kita mulai pembelajaran tatap muka," imbuhnya.

Sekolah tatap muka ini, lanjutnya, akan digelar di seluruh sekolah di Sragen. Namun hanya sekolah yang berada di zona hijau saja yang diperbolehkan menggelar PTM.

"Semua sekolah (menggelar PTM). Yang masuk zona hijau tentu saja. Tapi saya rasa 96 persen desa di Sragen sudah masuk zona hijau. Kita melihatnya dari desa yang sudah masuk zona hijau," ucap Yuni.

Simak Video: Guru Bisa Manfaatkan Pembelajaran Tatap Muka Untuk Edukasi Soal Pandemi

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)