Salut! Pasutri di Kudus Ini Bikin Video Soal ODGJ agar Ketemu Keluarganya

Dian Utoro Aji - detikNews
Minggu, 28 Mar 2021 16:35 WIB
Pasutri Adi dan Heni, sosok di balik Sinau Hurip yang berdedikasi mencari ODGJ terlantar agar bertemu keluarganya
Pasutri Adi dan Heni, sosok di balik Sinau Hurip yang berdedikasi mencari ODGJ terlantar agar bertemu keluarganya (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Pasangan suami-istri (pasutri) di Kudus, Jawa Tengah ini mendedikasikan diri sebagai relawan untuk membantu orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang terlantar di jalan. Kedua pasutri ini memandikan hingga memberi makan ODGJ lalu menyebarkan video lewat akun YouTube Sinau Hurip dengan harapan agar ODGJ itu ditemukan pihak keluarganya.

Pasangan Sukaryo Adi Putra dan istrinya Heni Mustikaningati merupakan warga Desa Singocandi, Kecamatan Kota, Kudus. Berbekal pendidikan psikologi, keduanya menyusuri jalanan di Kudus, Jepara, hingga Rembang dengan berboncengan sepeda motor untuk mencari ODGJ.

detikcom mengikuti keduanya berkeliling untuk mencari ODGJ di Juwana Kabupaten Pati, Minggu (28/3) pagi tadi. Kedua pasutri itu mencari seorang ODGJ perempuan atau yang disebut warga Juwana sebagai perempuan plastik.

Sesampainya di Juwana, Pati, Adi dan Heni sapaan karibnya, mulai mencari perempuan plastik. Mereka sempat memutari alun-alun Juwana hingga akhirnya menemukan perempuan plastik di Jalan Silungonggo Juwana.

Sosok perempuan plastik itu ternyata berusia sekitar 60 tahun. Perempuan itu lalu dibawa ke area di sekitar ruko Jalan Silungonggo, Desa Kudukeras, Kecamatan Juwana untuk diajak berbincang dan dibersihkan.

Adi dan Heni berusaha menggali identitas perempuang plastik itu. Mereka juga menyampaikan niatnya untuk melepas pakaian plastik yang dikenakan perempuan itu dan menggantinya dengan pakaian bersih.

Perempuan plastik itu lalu dimandikan oleh Heni. Setelah dimandikan baju plastik yang dikenakan ODGJ itu dibakar dan digantikan dengan pakaian bersih.

"ODGJ perempuan pakaian plastik ini sangat lama di Juwana ya. Dulu pernah saya mandikan, cuman selesai saya mandikan pakai baju plastik lagi. Maka tadi baju plastik saya bakar, karena pertimbangan kalau badan ada luka badan ada plastik, itu bahaya," ujar Adi saat ditemui detikcom di lokasi, Minggu (28/3/2021).

"Harapannya ketemu keluarga. Karena kasihan banget," lanjutnya.

Selesai memandikan perempuan plastik di Juwana, kedua pasutri itu lalu menemukan pria ODGJ yang viral karena sempat memukuli warga hingga berdarah. Setelah diajak berbincang keduanya, ODGJ itu mau dimandikan hingga diberi pakaian.

"Seneng banget lega, karena ODGJ ini sempat viral seminggu lalu di Juwana, karena pernah mukul orang Bajomulyo, sampai berdarah-darah. Kemudian dia kena hajar juga," ujar Adi.

"Tadi pas kita temui pertama agresif, kita tenangkan dan alhamdulillah dia bisa tenang bersama kita. Sekali lagi bahasa tubuh adalah bahasa yang jujur. Hingga akhirnya dia mau ganti baju, potong rambut, makan," sambungnya.

Selengkapnya soal pasutri pencari ODGJ terlantar di balik akun YouTube Sinau Hurip ini...

Selanjutnya
Halaman
1 2