Pohon Kelapa Bercabang 9 di Jepara Konon Pernah Ditawar Puluhan Juta

Dian Utoro Aji - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 19:43 WIB
Pohon kelapa bercabang 9 di Jepara, Senin (22/3/2021).
Pohon kelapa bercabang 9 di Jepara, Senin (22/3/2021). Foto: Dian Utoro Aji/detikcom
Jepara -

Pohon kelapa bercabang 9 di Jepara, Jawa Tengah, yang diyakini bisa menyembuhkan penyakit gegara santet ternyata pernah ditawar orang. Pohon kelapa bercabang 9 itu disebut sempat ditawar seharga Rp 25 juta.

"Dulu beberapa kali orang mau membeli pohon kelapa itu, cuma tidak saya jual, cuma terpaksa kalau mau beli mahal baru saya pikiran," kata pemilik pohon kelapa, Nanang Aries, saat ditemui di depan rumah miliknya di Desa Bondo Krajan, Kecamatan Bangsri, Senin (22/3/2021).

Dia menceritakan bertahun-tahun lalu sempat ada yang menawar pohon kelapa bercabang 9 itu seharga Rp 25 juta. Namun pohon kelapa unik tersebut tidak dia jual sehingga tumbuh dan berbuah di depan rumah miliknya.

"Nominal setelah lama, nggak jual akhirnya tidak menawar. Nominal dulu bensin masih Rp 2.500 masih Rp 25 juta. Waktu itu, kalau sekarang bisa Rp 100 juta sampai Rp 200 juta," jelas dia.

Nanang mengatakan selain pernah ditawar orang, pohon kelapa bercabang 9 tersebut juga sempat diteliti oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Namun, hasil penelitian tersebut hingga kini belum diberikan kepada dirinya.

"Pernah diteliti, dari orang LIPI, apakah genetika apa bukan. Karena seperti ini genetika, sampai ini belum ada hasilnya," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, sebatang pohon kelapa bercabang 9 tumbuh di depan rumah milik Nanang Aries di Desa Bondo Krajan, Kecamatan Bangsri, Jepara. Hingga kini pohon kelapa tersebut masih berbuah.

Nanang menyebut sebelumnya ada pohon kelapa miliknya yang bercabang 17 pada tahun 1985. Pohon kelapa cabang 9 ini merupakan turunannya.

"Jadi ini turunan secara genetika, turunan yang belakang kemudian ditanam muncul kelapa ini," ujar Nanang ditemui di lokasi, Senin (22/3).

Dia mengungkap banyak orang yang mencari buah kelapa dari pohon bercabang 9 tersebut. Katanya buah cabang itu banyak dicari untuk pengobatan. Warga percaya buah kelapa tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

"Ini ada yang kolektor tanaman unik, kedua orang - orang berobat. Terutama untuk penyakit-penyakit yang di luar medis. Contohnya orang kesurupan, orang jawa biasanya santet. Itu banyak berbagai kota dari wilayah, rata-rata korbannya. Katanya dengan kelapa bercabang bisa sembuh, dan banyak yang mencari kelapa bercabang ini," terang Nanang.

(ams/rih)