Ada Pohon Kelapa Bercabang 9 di Jepara, Dipercaya Bisa Obati Korban Santet

Dian Utoro Aji - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 17:24 WIB
Pohon kelapa bercabang 9 di Jepara, Senin (22/3/2021).
Pohon kelapa bercabang 9 di Jepara, Senin (22/3/2021). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Jepara -

Sebatang pohon kelapa tumbuh tidak seperti biasanya di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Uniknya pohon kelapa itu memiliki sembilan cabang dan banyak dicari karena dipercaya bisa sembuhkan penyakit salah satunya sakit karena santet.

Pohon kelapa bercabang 9 itu tumbuh di pekarangan depan rumah milik Nanang Aries warga Desa Bondo Krajan, Kecamatan Bangsri.

Pantauan di lokasi, Senin (22/3/2021), pohon itu tumbuh tepat di depan rumah milik Nanang. Ketinggian pohon menjulang sekitar 20 meter. Uniknya ada dua besar besar pada pohon itu. Keseluruhan cabang ada sembilan di satu pohon kelapa tersebut.

Pemilik pohon kelapa itu, Nanang Aries, mengatakan pohon kelapa miliknya itu berusia puluhan tahun.

"Ceritanya ini adalah turunan dari kelapa sebelumnya. Belakang (pekarangan belakang rumah) ini dulu ada kelapa bercabang 17 dulu sekitar tahun 1985, sebelumnya juga ada bercabang sebanyak 21. Jadi ini turunan secara genetika, turunan yang belakang kemudian ditanam muncul kelapa ini," ujar Nanang ditemui di lokasi, Senin (22/3/2021).

Dia mengatakan dulunya ada kelapa bercabang 21 dan 17 di pekarangan rumah miliknya. Namun kedua pohon itu tumbang. Setelah itu kemudian tumbuh pohon kelapa lagi di depan rumahnya dan kali ini memiliki cabang 9.

"Ini kurang lebih berusia sekitar 25 tahun," jelas Nanang.

Nanang mengatakan pohon kelapa yang bercabang 9 tersebut hingga kini masih berbuah. Menurutnya pohon kelapa itu berjenis kelapa gading yang berbuah setiap 2 sampai 3 bulan sekali.

Lebih lanjut, menurutnya ada banyak orang yang mencari buah kelapa dari pohon miliknya itu. Warga percaya buah kelapa dari pohon itu dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

"Ini ada yang kolektor tanaman unik, kedua orang-orang berobat. Terutama untuk penyakit-penyakit yang di luar medis. Contohnya orang kesurupan, orang Jawa biasanya (disebut) santet. Itu banyak berbagai kota dari wilayah, rata-rata korbannya. Katanya dengan kelapa bercabang bisa sembuh, dan banyak yang mencari kelapa bercabang ini," terang Nanang.

Selanjutnya, analisis pakar tentang pohon kelapa bercabang 9 di Jepara....

Selanjutnya
Halaman
1 2