Akhir yang Indah! Kiai di Jepara Ini Wafat Saat Sedang Baca Al-Qur'an

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 13:00 WIB
alqulran dan terjemahannya. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Foto: dikhy sasra
Jepara -

Kabar duka datang dari Jepara, Jawa Tengah. Kiai Nasrudin yang merupakan penghafal (hafiz) Qur'an wafat saat sedang membaca Al-Qur'an.

Kabar itu diketahui dari unggahan video akun Instagram @santri.gayeng. Video berdurasi 26 detik itu memperlihatkan warga saat menggotong seorang kiai saat acara ke satu unit mobil ambulans.

Pada unggahan itu dituliskan seorang kiai meninggal dunia dalam acara selapanan Jam'iyyatul Qurra' wal Huffazh (JQH) NU Jepara. Kiai Nasrudin meninggal dunia sedang membaca Al-Qur'an juz 6 hampir selesai di Masjid Suwawal Kecamatan Mlonggo.

"Menjemput malaikat maut dengan indah".
Innalilahi wa inna ilahi roji'un
Mohon doanya untuk beliau Kyai Nasrudin al-hafidh, (JQH NU Mlonggo, Jepara. JQH adalah badan otonom nU yang menaungi para pembaca Al-quran dengan indah dan para penghafal Al-quran, yang meninggal dalam majelis takhtimah JQH dan beliau sedang membaca Al-quran juz 6 hampir selesai di Masjid Suwawal," tulis akun @santri.gayeng seperti dilihat detikcom, Selasa (16/3/2021).

Saat dilihat detikcom, video yang diposting 22 jam lalu itu telah ditonton 16.718 kali tayang, dan puluhan komentar. Banyak netizen yang mendoakan almarhum diberi jalan lapang.

"Allahumahfirlahu warhamhu wa'afihi wa'hu 'anhu,,, teringat pesan guru ngaji" seorang akan meninggal sesuai dengan kebiasaannya" semoga dengan keberkahan Al-quran yang dideres, diberikan kelapangan dan cahaya dan dikumpulkan dengan para nabi dan salafus sholihin,,, aaminn," tulis akun nik***.

"Sugeng tindak njeh mbah, mugi-mugi ditampi amal saenipun (selamat jalan mbah, semoga amal kebaikannya diterima)," tulis akun aaz**.

Dimintai konfirmasi, Wakil Sekretaris JQH NU Jepara, Ulinnuha membenarkan kabar meninggalnya Kiai Nasrudin. Dia menyebut almarhum Kiai Nasrudin meninggal saat membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an.

"Benar, Mbah Nasrudin wafat di usia 70 tahun," kata Ulin saat dihubungi detikcom lewat pesan singkat siang ini.

Dia mengatakan wafatnya Kiai Nasrudin saat acara rutin selapanan PAC JQH NU Kecamatan Mlonggo pada Minggu (14/3) lalu. Almarhum meninggal dunia saat sedang membaca Al-Qur'an.

"Hari Minggu kemarin pas acara rutinan selapanan PAC JQH NU Kecamatan Mlonggo (meninggal saat membaca Al-Qur'an)," lanjutnya.

(ams/mbr)