ADVERTISEMENT

Raib Misterius, Begini Makna Nisan Kayu Bertumpuk-tumpuk di Gunungkidul

Aditya Mardiastuti - detikNews
Sabtu, 13 Mar 2021 18:02 WIB
Salah seorang ahli waris, Supardiyono menunjukkan foto kondisi makam Kiai Merto Karyo sebelum belasan kayu nisannya hilang di Gunungkidul, Jumat (12/3/2021).
Salah seorang ahli waris, Supardiyono menunjukkan foto kondisi makam Kiai Merto Karyo sebelum belasan kayu nisannya hilang di Gunungkidul, Jumat (12/3/2021). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Dia menyebut peristiwa itu juga pernah menimpa makam ayah Kiai Merto Karyo yang bernama Mbah Riwut. Namun, setelah sempat hilang, tumpukan kayu nisan itu dikembalikan lagi oleh si pencuri.

Sementara soal model nisan dari kayu jati bertumpuk itu, Supardiyono mengaku tidak tahu. Seingatnya sejak dia kecil model makam leluhurnya sudah seperti itu.

"Tidak tahu sejak kapannya, karena sejak kecil model makamnya sudah seperti itu. Seingat saya hanya dirombak cungkupnya saja, kalau nisannya sama sekali tidak diubah," ujar Supardiyono.

Belasan nisan kayu di tempat pemakaman umum di Kalurahan Piyaman, Wonosari, Gunungkidul, hilang diduga dicuri, Kamis (11/3/2021).Belasan nisan kayu di tempat pemakaman umum di Kalurahan Piyaman, Wonosari, Gunungkidul, hilang diduga dicuri, Kamis (11/3/2021). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Diwawancarai terpisah, Kanit Reskrim Polsek Wonosari Iptu Sofyan Susanto mengaku telah mengetahui kejadian tersebut dan mendatangi TKP. Namun, hingga kini belum ada laporan secara resmi ke Polsek Wonosari.

"Belum ada laporan," ucap Soyan secara singkat melalui pesan singkat, Kamis (11/3).


(ams/sip)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT