Langka! Warga di Kudus Temukan Bonggol Pohon Pisang Berukuran 3 Meter

Dian Utoro Aji - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 14:26 WIB
Bonggol pisang berukuran 3 meter di Kudus, Rabu (10/3/2021).
Bonggol pisang berukuran 3 meter di Kudus, Rabu (10/3/2021). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Sebatang pohon pisang unik ditemukan warga Kelurahan Purwosari Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Bonggol tanaman pisang yang ditemukan warga ini memiliki ukuran panjang sampai tiga meter.

Bonggol panjang itu tumbuh di pekarangan belakang rumah milik Junaidi warga Kelurahan Purwosari. Bonggol pisang itu ditemukan pada pertengahan bulan Februari 2021.

Pantauan di lokasi, bonggol berada di tanah galian warga. Bonggol pohon pisang itu terlihat berwarna kecokelatan. Bonggol tersebut pun sampai ini masih dibiarkan dan belum diangkat dari dalam tanah.

Pemilik pekarangan Junaidi mengatakan dulunya di pekarangan miliknya ditanami pohon pisang jenis sobo. Lamban laun tanaman pisang itu tumbuh besar. Hingga akhirnya pada pertengahan Februari 2021 ditebang dan digali, sehingga ditemukan terdapat bonggol yang memiliki ukuran panjang.

"Dulu ini bekas saluran dari kamar mandi, dulu ketika mau tanam pisang. Makin lama satu-dua tahun besar, sekarang dua tahun sudah berbuah. Jenisnya pisang sobo," kata Junaidi ditemukan di lokasi, Rabu (9/3/2021) siang ini.

"Pertengahan bulan Februari 2021 saya bersihkan, saya pindah. Batu bata saya singkirkan. Terus saya titik dan saya buka seperti ini. Kok saluran penuh. Setelah buka ternyata bonggol pisang," sambungnya.

Menurutnya bonggol tanaman pisang yang ditemukan berbeda dengan biasanya. Biasanya bonggol tanaman pisang hanya memiliki ukuran sekitar 10 sentimeter sampai 50 sentimeter. Namun bonggol yang ditemukan memiliki ukuran sampai 3 meter.

"Terus saya bongkar semua, saluran biar tidak ada batu bata. Saya laporkan ke kakak saya. Itu sekitar 3 meter. Belum sampai ujungnya," terangnya.

"Biasanya, ukuran biasa 50 sentimeter. Kalau anaknya palingan 5 sentimeter saja. Ini kok bisa panjang tidak tahu sebabnya," sambungnya.

Kini dia mengaku sengaja membiarkan bonggol tersebut. Menurutnya dia khawatir jika nanti ada orang mencari bonggol untuk dimanfaatkan untuk diolah.

"Sengaja masih dibiarkan, siapa tahu nanti kalau ada orang mau mencari," tambah Junaidi.

Selanjutnya, analisis pakar tentang bonggol pisang 3 meter tersebut...