Siapa Saja Seniman Beken Yogya yang Ikut Vaksinasi Corona Hari Ini?

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 09:29 WIB
Suasana jelang vaksinasi Corona untuk seniman di Bantul, 10/3/2021
Suasana jelang vaksinasi Corona untuk seniman di Padepokan Bagong Kussudiardja. (Foto: Pradito R Pertana/detikcom)
Bantul -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau secara langsung vaksinasi Corona terhadap 500 seniman di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) Pedukuhan Kembaran, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Bantul. Vaksinasi akan berlangsung selama 2 gelombang.

"Jadi vaksinasi hari ini di pedepokan bagong diikuti kurang lebih 500 orang, hadir dalam 2 gelombang. Gelombang pagi ini nanti disaksikan pak Jokowi dan setelah jam 12 dilanjut gelombang berikutnya," kata Ketua Yayasan PSBK, Butet Kartaredjasa, saat ditemui di Kabupaten Bantul, Rabu (10/3/2021).

Dia juga menyebut nama-nama yang sudah terdaftar, mereka adalah seniman dan budayawan yang ada di Yogya dari lintas disiplin. Dari perupa, penyair, sastrawan, penari, pemusik, yang tradisional ketoprak dan dalang, semua mencakup yang muda sampai yang sepuh.

"Seniman senior misalnya Joko Pekik, Kartika Affandy, Ashadi Siregar, Romo Sindhunata, Ugo Untoro, Hanung Bramantyo, Marzuki (Kill the DJ), Agus Noor, macem-macem lah," ucapnya.

Terkait belum semua seniman yang datang, Butet mengaku tidak semua seniman melakukan vaksinasi Corona di PSBK. Pasalnya menyangkut ketersediaan tempat.

"Belum datang semua. Karena sesuatu yang mustahil budayawan seniman semua hadir, ini mewakili yang belum kesempatan di sini menurut Dinas Kesehatan di Puskesmas atau rumah sakit yang ditunjuk. Jadi bukan di sini saja peristiwanya akan berkelanjutan," katanya.

Dia berharap dengan vaksinasi ini semua kegiatan seni berjalan dengan lancar. Mengingat pandemi berdampak pada seni khususnya seni pertunjukan.

"Pulih semua, sehat, produktif kembali. Kehidupan bersama terselamatkan. Saya sangat senang teman-teman seniman mau disuntik vaksin menandakan kawan-kawan itu solider kepada semangat kemanusiaan untuk menyelamatkan kehidupan bersama, itu yang terpenting," katanya.

Butet Kartaredjasa berharap dengan vaksinasi ini semua sektor seni kembali pulih dan produktif kembali. Pasalnya selama ini pelaku seni pertunjukan sepi kegiatan manggung.

"Kalau kehidupan pulih kembali orang-orang panggung bisa manggung lagi, hari ini saya sudah setahun tidak bisa pentas teater. Karena menciptakan kerumunan dibatasi, tapi kita harus tetap bangkit dan berkarya. Yang lukis tetap melukis, pemain film tetap main film," lanjut Butet.

Suasana jelang vaksinasi Corona untuk seniman di Bantul, 10/3/2021Butet Kartaredjasa (Foto: Pradito R Pertana/detikcom)

"Jadi ini juga hendaknya menjadi dorongan kepada nakes untuk semangat membantu menyelamatkan kehidupan, dorongan kepada temab2 lain yang takut disuntik masak kalah sama yang sepuh-sepuh," imbuh Butet.

Salah satu peserta vaksinasi Corona, Didik Nini Thowok mengatakan, bahwa dia dikabari untuk ikut vaksinasi seminggu yang lalu. Dia berharap dengan vaksinasi ini dapat menggeliatkan lagi dunia seni yang terdampak pandemi COVID-19.

"Saya dihubungi seminggu yang lalu, terimakasih sudah menyediakan fasilitas vaksinasi hari ini. Untuk yang belum divaksin semoga segera divaksinasi," katanya.

"Vaksinasi ini penting karena mengurangi teman-teman seniman terpapar COVID-19. Karena kalau sepuh punya penyakit bawaan kan bahaya juga kalau kena COVID-19. Harapan dengan vaksinasi ini semua bisa beraktivitas lagi, karena terpuruk kan selama pandemi (COVID-19). Karena saya saja tahun ini tidak ada show sama sekali," lanjutnya.

Simak juga video '3 Vaksin yang Digunakan untuk Vaksinasi 'Gotong Royong'':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)