Tolong Bantu Lur! Pensiunan Polisi Suriname Ini Cari Saudaranya di Sleman

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 14:56 WIB
Postingan tentang pensiunan polisi Suriname mencari saudaranya di Sleman di salah satu grup Facebook.
Postingan tentang pensiunan polisi Suriname mencari saudaranya di Sleman di salah satu grup Facebook. )Foto: Jauh Hari/detikcom 0
Sleman -

Postingan tentang seorang warga Suriname bernama Ponidjo Kromotaroeno mencari saudaranya yang berada di Sleman viral di media sosial. Kisah Ponidjo mencari saudaranya ini dibagikan oleh warga Sukoharjo, Toying Harwulan (40) di salah satu grup Facebook.

Berikut petikan postingan tentang pencarian saudara di Sleman itu:

"ORANG SURINAME MENCARI SAUDARANYA DI DAERAH SLEMAN YOGYAKARTA

Seorang kawan meminta tolong saya terkait orang Suriname yang mencari saudara-saudaranya yang di daerah Sleman, Yogyakarta.

Saya sarikan penjelasan beliau yang berkepentingan dengan gaya bertutur "saya".

...

Nama saya Ponidjo Kromotaroeno, pensiunan Kepala Kepolisian di Distrik Saramacca, Suriname.

Bapak saya bernama Sarbin Goenapawiro, alamat asalnya Desa Tajem, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi DI Yogkarta.
(Dari hasil penelusuran, setelah tahun 1946, empat kalurahan yaitu Tajem, Paingan, Nayan, dan Kembang digabung menjadi satu bernama Kalurahan Maguwoharjo, red).

Ibu Saya bernama Djainem Kromotaroeno, alamat asalnya Desa Pelem, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Provinsi DI Yogyakarta.
(Dari hasil penelusuran, Pelem merupakan salahsatu nama Dusun di pedukuhan Penen Kalurahan Harjobinangun, red).

Bapak ibu saya meninggalkan Indonesia pada tanggal 27 Juli 1931, menggunakan kapal Soemalur dari Semarang menuju Suriname.

Ibu saya Djainem adalah istri ketiga dari bapak, dan saya mempunyai saudara kandung seorang perempuan bernama Wagirah.

Mohon berkenan kiranya, yang membaca tulisan ini masih saudara saya baik jauh maupun dekat secara nasab, atau mengenal, mengetahui, untuk memberitahu atau menghubungi saya," tulis Toying pada Sabtu (27/2).

Saat dimintai konfirmasi, Toying membenarkan jika ia saat ini tengah membantu proses pencarian saudara dari Ponidjo di Sleman. Ia membeberkan awal mula membantu proses pencarian saudara dari Ponidjo. Saat itu, ia sedang ada event live musik campursari di Facebook.

"Iya (saya posting di Facebook). Jadi sekitar 2 minggu yang lalu itu saat live Facebook lagu Jawa seperti campursari, termasuk lagu saya. Itu entah bagaimana ada orang Suriname ikut," kata Toying mengawali ceritanya saat dihubungi wartawan, Selasa (2/3/2021).

Saat acara itu, Ponidjo berkomentar dan meminta tolong untuk dicarikan saudaranya yang ada di Sleman. Kebetulan, saat acara yang menjadi MC merupakan kerabat dari Toying yang kemudian meminta tolong ke dirinya.

"Ada komentar kemudian Ponidjo nge-chat saudara saya untuk minta tolong dicarikan saudaranya di Sleman. Kemudian saudara saya yang MC itu menghubungi saya. Jadi saya bantu menyusun kalimatnya dan lalu saya posting di Facebook itu," terangnya.

Selengkapnya soal informasi yang diperoleh Toying soal saudara Ponidjo di Sleman...

Selanjutnya
Halaman
1 2