Tolong! Pak Kasilun Hilang Diduga Saat Cari Kayu di Hutan Pinus Banyumas

Arbi Anugrah - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 13:25 WIB
Lokasi hilangnya Kasilun di hutan pinus Banyumas, Selasa (2/3/2021).
Lokasi hilangnya Kasilun di hutan pinus Banyumas, Selasa (2/3/2021). (Foto: dok Kades Jingkang Banyumas)
Banyumas - Seorang pria bernama Kasilun (59) hilang setelah pamit mencari kayu di hutan pinus Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah kemarin. Tim gabungan masih mencari keberadaan korban hingga siang ini.

"Pada hari Senin 1 Maret 2021 pukul 04.30 WIB korban pamit kepada ibu pergi mencari kayu bakar. Lalu kayu bakar tersebut dititipkan di rumah adiknya (saksi). Pada pukul 09.00 WIB saksi menanyakan ke korban akan kemana lagi. Lalu korban menjawab akan mengambil sisa kayu bakar di Igir Pulosari," ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (2/3/2021).

Namun hingga sore kemarin korban belum juga pulang. Keluarga dan warga akhirnya mencari korban tapi hasilnya nihil.

"Akhirnya pihak keluarga melaporkan kejadian tersebut ke pihak Desa, Polsek dan koramil setempat hingga Tim SAR," kata dia.

Diwawancara terpisah, Kepala Desa Jingkang Edi Riyanto menyampaikan pencarian hingga siang ini masih belum membuahkan hasil.

"Iya saya lagi di lokasi pencarian. Pencarian sudah dibantu dari Linmas Kabupaten, Perhutani, Tagana, dan ormas. Tapi sampai jam ini belum ada hasil dan belum ketemu," kata Edi saat dihubungi detikcom hari ini.

Edi menjelaskan korban hilang di area hutan pinus milik Perhutani seluas sekitar 200 hektare di Desa Jingkang, Kecamatan Ajibarang. Kontur wilayah di lokasi tersebut bergunung-gunung dan jurang terjal sehingga menyulitkan pencarian.

"Dari permukiman penduduk paling dekat 2 kilometer, info terakhir dari keluarga mau ambil kayu bakar. Model pencarian menyisir jurang, lembah-lembah, tebing-tebing. Jalan ada, tapi jalan Perhutani," pungkas dia.

Saksikan juga 'Petugas Damkar Temukan Jasad Bocah Laki-laki di Kali Ciliwung':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)