Artidjo Alkostar Meninggal, Rencana Rapat di Yogya yang Tak Terlaksana

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 18:32 WIB
Artidjo Alkostar
Artidjo Alkostar (Foto: Ari Saputra)
Sleman -

Anggota Dewan Pengawas KPK, Artidjo Alkostar, meninggal dunia. Kerabat di Yogya mengatakan bahwa tadi pagi Artidjo masih sempat menghubungi.

Suryati, keponakan Artidjo, menceritakan ia mengetahui kabar duka ini siang tadi. Dia menceritakan sebelum mengetahui kabar duka ini, almarhum masih sempat menelpon keluarga.

"Tadi pagi masih nelpon adiknya dan keponakannya. Semalam juga masih nelpon, dan nyuruh ke Jakarta," ujarnya, Minggu (28/2/2021).

Menurut Suryati, selama ini Artidjo Alkostar tidak pernah mengeluh sakit. Justru ketika ditanya soal kesehatannya, mantan Hakim Agung itu selalu berbalik bertanya keadaan keluarga di rumah.

"Beliau tidak pernah mengeluh sakit, kalau saya tanya tentang kesehatannya selalu menjawab sehat dan justru tanya yang lain, misalnya anak adik saya," ungkapnya.

Bagi Suryati, sosok pria yang menjabat Dewan Pengawas KPK itu merupakan yang mengayomi keluarga. Ia juga dikenal dekat dengan adik dan keponakannya.

"Beliaunya dekat dengan adik dan keponakannya, kan keponakan ikut beliau di sini semua. Kalau sama keluarga pengayom sabar nggak pernah marah, sosok yang luar biasa," sanjungnya.

"Dia pejuang di keluarga kami, untuk adik-adik dan keponakannya luar biasa, pengalamannya banyak banget. Jadi salah satu tulang punggung karena beliau anak pertama," sambung perempuan yang sudah ikut bersama Artidjo Alkostar sejak 1988 ini.

Lebih lanjut, ia menceritakan sejak kesibukannya sebagai Dewan Pengawas KPK, almarhum tidak pernah pulang. Setiap kali pulang ke Yogya, Artidjo Alkostar selalu menyempatkan diri untuk membeli ikan.

Rencananya, almarhum akan pulang ke rumah pribadi di Sleman, pada Januari lalu untuk menghadiri rapat namun di UII Yogyakarta namun urung karena pandemi.

"Selama di KPK setahun tidak pernah pulang karena Dewas baru jadi tugasnya luar biasa tidak ada waktu. Kemarin Januari mau pulang karena ada rapat di badan wakaf tapi karena pandemi jadi UII membatalkan rapatnya jadi tidak jadi pulang. Sebelumnya, Desember, pulang ke Situbondo," katanya.

"Kalau dulu di MA setiap minggu pulang. Dia kalau ke Yogya ke Pasty beli ikan, hiburannya itu," sambungnya.

Simak video 'Artidjo Alkostar Berpulang, Pengawal Rasa Keadilan Telah Tiada':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)